Pengembangan multimedia interaktif hydrology materi dinamika hidrosfer kelas x ips / Nafisa Silva Ikhsanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia interaktif hydrology materi dinamika hidrosfer kelas x ips / Nafisa Silva Ikhsanti

Ikhsanti, Nafisa Silva Ikhsanti (2021) Pengembangan multimedia interaktif hydrology materi dinamika hidrosfer kelas x ips / Nafisa Silva Ikhsanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penggunaan media pembelajaran merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dikrenakan merupakan satu kesatuan terhadap metode pembelajaran yang dipakai.Penggunaan media dapat membantu guru dalam menjelaskan materi yang sulit untuk dipahami oleh peserta didik. Media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik sangat diperlukan karena dapat memberikan dampak positif. Tujuan penelitian pengembangan ini untuk mengembangkan media pembelajaran berupa aplikasi yang dapat di install di gawai smartphone. Penelitian pengembangan media ini dilakukan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze Design Development Implementation Evaluation). Jenis data dalam penelitian pengembangan media ini yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif dalam penelitian ini diperoleh dari kritik dan saran dari validator maupun responden uji coba. Data kuantitatif dalam penelitian ini berupa skor angka dalam angket yang diperoleh dari validator dan responden uji coba. Produk pengembangan ini diuji cobakan kepada siswa kelas X IPS 2 MAN 1 Gunungkidul sebanyak 25 orang. Hasil pengembangan media pembelajaran memperoleh presentase sebesar 100% dari validator media 78 9% dari validator materi 98% dari tanggapan guru dan 92% dari tanggapan siswa. Hasil demikian menunjukkan.bahwa pengembangan media pembelajaran Hydrology sangat layak digunakan dalam pembelajaran geografi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/198785

Actions (login required)

View Item View Item