Penerapan model spatial based learning berbantuan google classroom untuk meningkatkan kemampuan berpikir analisis materi dinamika kependudukan siswa SMA Negeri 13 Kabupaten Tangerang / Sabrina Putri Nuryadini - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model spatial based learning berbantuan google classroom untuk meningkatkan kemampuan berpikir analisis materi dinamika kependudukan siswa SMA Negeri 13 Kabupaten Tangerang / Sabrina Putri Nuryadini

Nuryadini, Sabrina Putri (2021) Penerapan model spatial based learning berbantuan google classroom untuk meningkatkan kemampuan berpikir analisis materi dinamika kependudukan siswa SMA Negeri 13 Kabupaten Tangerang / Sabrina Putri Nuryadini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Model Spatial based learning memberikan pembelajaran terbaru pada geografi. Model Spatial Based Learning dapat dipahami dan dapat meningkatkan kemampuan berpikir analisis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model SBL dapat meningkatkan kemampuan berpikir analisis siswa. Permasalahan yang dimiliki adalah peserta didik tidak memiliki kemampuan berpikir analisis dalam materi ini dan peserta didik selama pembelajaran selalu menggunakan metode ceramah maka dari itu peserta didik tidak begitu memahami materi itu sendiri di Sekolah. Kurikulum yang digunakan adalah K13 yang dimana pembelajaran berpusat ke peserta didik tidak bukan lagi berpusat ke guru. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan desain menggunakan bagan spiral Kemmis dan Mc Taggart dengan hasil yang diperoleh pretest-posttest. Subjek penelitian yaitu siswa kelas XI SMAN 13 Kabupaten Tangerang. Setiap siklus memiliki empat tahapan yaitu 1) Perencanaan 2) Pelaksanaan 3) Observasi dan 4) Refleksi. Hasil terdapat tiga yaitu Pra-tindakan Siklus I dan Siklus II. Hasil pada Pra-tindakan rata-rata 59 dan persentase ketuntasan 25 71%. Hasil pada Siklus I rata-rata 68 dan persentase ketuntasan 57 14% dan hasil pada Siklus II rata-rata 75 dan persentase ketuntasan 77 14. Berdasarkan hasil diatas dapat disimpulkan terdapat peningkatan setiap siklusnya dengan menggunakan model SBL terhadap kemampuan berpikir analisis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Nov 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/198758

Actions (login required)

View Item View Item