Pengaruh model problem based learning (pbl) berbantuan lembar kerja peserta didik terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas xi ips sman 1 singosari pada mata pelajaran geografi / IMA ERICAWATI - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model problem based learning (pbl) berbantuan lembar kerja peserta didik terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas xi ips sman 1 singosari pada mata pelajaran geografi / IMA ERICAWATI

Ericawati, Ima Ericawati (2021) Pengaruh model problem based learning (pbl) berbantuan lembar kerja peserta didik terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas xi ips sman 1 singosari pada mata pelajaran geografi / IMA ERICAWATI. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemampuan berpikir kritis penting dimiliki oleh peserta didik karena merupakan salah satu kemampuan berpikir tingkat tinggi dan dibutuhkan dalam mempelajari geografi. Kemampuan berpikir kritis peserta didik dapat ditumbuhkan menggunakan model pembelajaran yang menunjang. Salah satunya model Problem Based Learning (PBL) berbantuan lembar kerja peserta didik. Model ini dipilih untuk diujicobakan dalam penelitian ini karena model tersebut berdassarkan pada teori kontruktivisme sesui dengan kurikulum 2013 dan menyajikan permasalahn pada dunia nyata. Motivasi belajar merupakan penggerak dari dalam diri peserta didik yang memegang peranan penting dalam memberikan gairah semangat dan rasa senang peserta didik dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problrm based learning berbantuan lembar kegiatan peserta didik terhadap kemampuan berpikir kritis. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen kuasi dengan posttest only control grub design. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS SMAN 1 Singosari. Penentuan sempel dilakukan dengan memilih dua kelas yang memiliki nilai rata-rata ulangan harian yang hamper sama. Selanjutnya penetuan kelas ekperimen dan kelas kontrol di lakukan dengan cara random sampling. Data hasil penelitian diperoleh dengan teknik tes menggunakan instrument berupa soal esai untuk menentukan kemampuan berpikir kritis. Teknik analisis data menggunakan uji F menggunakan bantuan Softweare SPSS 25.0 for window dengan taraf segnifikan 5%. Hasil penelitian diperoleh bahwa 1) model problem based lerning berbantuan lembar kegiatan peserta didik berpengaruh seknifikan terhadap kemampuan berpikir kritis dan 2) model problem based learning berbantuan lembar kegiatan peserta didik berpengaruh seknifikan terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik ditinjau dari hasil posttest. Selain itu diketahui bahwa nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis kelas yang diajar menggunakan model problem based learning berbantuan lembar kerja peserta didik lebih tinggi daripada kelas yang di ajar menggunakan model cramah. Hal tersebut mengidentifikasi bahwa model problem based learning berbantuan lembar kerja peserta didik jika diterapkan memiliki pengaruh terhadap kemampuan berpikir peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/198750

Actions (login required)

View Item View Item