Pengembangan media pembelajaran geografi berbasis video motion graphic pada materi pengetahuan dasar pemetaan / Dina Camelia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran geografi berbasis video motion graphic pada materi pengetahuan dasar pemetaan / Dina Camelia

Camelia, Dina Camelia (2021) Pengembangan media pembelajaran geografi berbasis video motion graphic pada materi pengetahuan dasar pemetaan / Dina Camelia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan di Indonesia saat ini telah mengalami kendala akibat pandemi Covid-19. Adanya kendala tersebut membuat tantangan pada dunia pendidikan yang semula dilakukan secara tatap muka dirubah menjadi pembelajaran secara daring atau online. Penggunaan media berperan penting dalam pembelajaran daring agar infromasi dapat diterima dengan baik dan dapat dipahami. Sebagian besar pada materi pengetahuan dasar pemetaan merupakan materi yang bersifat meluas. Materi yang meluas membutuhkan media untuk memvisualisasikan materi. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran yang efektif berupa video motion graphic yang akan membantu guru dan siswa dalam mempelajari mata pelajaran geografi materi pengetahuan dasar pemetaan kelas X semester ganjil. Penelitian ini menggunakan penelitian model pengembangan ADDIE. Hasil validasi dari kedua ahli menyatakan bahwa produk sangat layak digunakan uji coba dengan melakukan sedikit revisi. Uji coba dilakukan pada 17 siswa kelas X. Uji coba tersebut dilakukan untuk mengetahui kelayakan pada media. Hasil uji coba yang dilakukan mendapatkan rata-rata nilai 97 6. Berdasarkan tabel kelayakan media rata-rata tersebut dikategorikan sangat layak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/198749

Actions (login required)

View Item View Item