Pengembangan media pembelajaran materi dinamika dan masalah kependudukan dengan lectora inspire / Ezra Satria Adi Nugraha - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran materi dinamika dan masalah kependudukan dengan lectora inspire / Ezra Satria Adi Nugraha

Nugraha, Ezra Satria Adi Nugraha (2021) Pengembangan media pembelajaran materi dinamika dan masalah kependudukan dengan lectora inspire / Ezra Satria Adi Nugraha. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dinamika dan masalah kependudukan merupakan materi dengan cakupan yang luas. Materi dinamika dan masalah kependudukan saat ini masih belum banyak tersedia media pembelajaran yang efektif. Media pembelajaran memegang peranan yang penting dalam rangka menciptakan suasana belajar. Media pembelajaran membuat siswa menjadi lebih mudah dalam memahami materi. Penelitian pengembangan ini menggunakan software lectora inspire. Lectora inspire merupakan sebuah software pengembangan belajar elektronik (e-learning) yang relatif mudah diterapkan karena tidak memerlukan pemahaman bahasa pemrograman yang canggih. Lectora inspire memiliki tampilan yang serupa dengan tampilan yang terdapat pada microsoft office. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran pada materi dinamika dan masalah kependudukan dengan menggunakan lectora inspire. Penelitian pengembangan ini menggunakan rancangan dan model pengembangan milik Borg amp Gall yang telah dimodifikasi. Rancangan tersebut terdiri dari studi pendahuluan perencanaan penelitian pengembangan produk awal uji coba produk awal revisi produk uji coba lapangan revisi akhir dan produk akhir. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket validator dan angket uji coba. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah 29 siswa kelas XI IPS 3 di SMA Laboratorium UM Malang. Analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif persentase dengan cara mengubah data kuantitatif menjadi bentuk persentase. Media pembelajaran ini telah divalidasi oleh tiga ahli yaitu ahli media ahli materi dan ahli bahasa. Berdasarkan tinjauan dari para ahli secara umum media yang telah dikembangkan sudah layak digunakan dalam proses pembelajaran di sekolah. Hasil yang diperoleh dari uji coba di sekolah yaitu sebesar 85 49 dengan kualifikasi layak sehingga media ini dapat digunakan untuk kegiatan pembelajaran. Saran pemanfaatan media ini yaitu dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas namun dengan pengawasan dari guru. Media ini juga dapat digunakan oleh siswa dalam kegiatan belajar secara mandiri. Saran pengembangan produk ini diharapkan agar mengembangkan materi selain dinamika dan masalah kependudukan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/198748

Actions (login required)

View Item View Item