Infografis digital sebagai media pembelajaran geografi materi kondisi wilayah indonesia dan posisinya sebagai poros maritim dunia / NURITA FADMA RIINI - Repositori Universitas Negeri Malang

Infografis digital sebagai media pembelajaran geografi materi kondisi wilayah indonesia dan posisinya sebagai poros maritim dunia / NURITA FADMA RIINI

Riini, Nurita Fadma Riini (2021) Infografis digital sebagai media pembelajaran geografi materi kondisi wilayah indonesia dan posisinya sebagai poros maritim dunia / NURITA FADMA RIINI. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Rini Nurita Fadma. 2021. Infografis Digital Sebagai Media Pembelajaran Geografi Materi Kondisi Wilayah Indonesia dan Posisinya Sebagai Poros Maritim Dunia Jurusan S1 Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Drs. Djoko Soelistijo M.Si. (2) Nailul Insani S.Pd M.Sc. Kata Kunci Pengembangan infografis digital media pembelajaran poros maritim dunia Pengembangan media pembelajaran perlu menyesuaikan sejumlah tahapan analisis kebutuhan berdasarkan tuntutan kurikulum karakteristik siswa dan pengembangan media yang sudah ada. Pada abad ke-21 perkembangan teknologi muncul dengan inovasi-inovasi baru menawarkan beragam media dan informasi yang sangat luas dan mudah didapatkan terlebih pada bidang pendidikan. Infografis digital adalah salah satu pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi yang pada era ini dapat diterima siswa dengan baik. Materi Poros Maritim akan lebih mudah dijelaskan melalui peta tabel grafik gambar dan foto. Pengembangan infografis digital sebagai media yang menyajikan kebutuhan materi seperti gambar tabel grafik dan peta sangat membantu siswa dalam memahami dan mendapatkan gambaran jelas mengenai kondisi dan potensi laut wilayah Indonesia. Tahapan-tahapan pengembangan media tersusun sistematis menggunakan model Borg amp Gall yang dimodifikasi menjadi 6 tahapan sesuai dengan kebutuhan penelitian dan pengembangan. Tahap awal yaitu penelitian dan pengumpulan data dengan melakukan observasi analisis kebutuhan serta studi kepustakaan. Tahap selanjutnya yaitu perencanaan pengembangan produk validasi produk pada ahli media dan ahli materi revisi dan uji coba terbatas dengan responden sebanyak 15 siswa. Data yang diperoleh dari validator ahli berupa penilaian skala likert komentar dan rekomendasi. Hasil uji validitas oleh ahli media dan ahli materi menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan sudah valid dan layak digunakan. Kegiatan uji coba terbatas yang diikuti siswa menghasilkan data kuantitatif diperoleh dari hasil penilaian angket berisi 3 aspek penilaian yaitu penyajian materi tampilan dan manfaat. Hasil uji coba terbatas memperoleh presentase kelayakan sebesar 86 77% dari keseluruhan aspek. Berdasarkan hasil penelitian tersebut media infografis digital yang dihasilkan memiliki kriteria layak/baik digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Feb 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/198738

Actions (login required)

View Item View Item