Peran pola asuh orang tua terhadap perkembangan moral siswa kelas ix MTS Arrosyad Sidoarjo / Zurinda Martha Della - Repositori Universitas Negeri Malang

Peran pola asuh orang tua terhadap perkembangan moral siswa kelas ix MTS Arrosyad Sidoarjo / Zurinda Martha Della

Della, Zurinda Martha (2021) Peran pola asuh orang tua terhadap perkembangan moral siswa kelas ix MTS Arrosyad Sidoarjo / Zurinda Martha Della. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Della Z Martha. 2021. Peran Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Moral Siswa Kelas IX MTs Arrosyad Sidoarjo. Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Sukowiyono S.H. M.Hum. (2) Drs. H. Petir Pudjantoro M.Si. Kata Kunci Perkembangan Moral Pola Asuh Peran Perkembangan Moral Terhadap Pola Asuh Pola asuh orang tua sangat berperan dalam membentuk perkembangan moral seorang anak. Didikan orang tua berperan penting dalam kehidupan seorang anak. Orang tua merupakan orang pertama yang mengajarkan anak untuk mengenal lingkungan sekitar dan mengenalkan perilaku-perilaku terhadap anak. Orang tua adalah orang yang pertama kali mengenalkan dunia luar kepada anak. Setiap gerak-gerik orang tua pasti diperhatikan anak dan mejadi contoh bagi anak tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Untuk mengetahui tentang moral yang dimiliki siswa kelas IX MTs Arrosyad Sidoarjo 2) Untuk mengetahui tentang pola asuh yang diterapakan oleh orang tua siswa kelas IX MTs Arrosyad Sidoarjo 3) Untuk mengetahui peran pola asuh orang tua terhadap moral siswa kelas IX MTs Arrosyad Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data primer yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 1) Informan yaitu wali kelas IX MTs Arrosyad Sidoarjo Wali murid kelas IX MTs Arrosyad Sidoarjo dan tetangga atau saudara yang terdekat dengan subyek penelitian 2) Peristiwa atau kejadian yang ada di lapangan yaitu mengamati tingkah laku siswa yang menjadi subyek penelitian. Sumber data sekunder dalam penelitian ini adalah dokumen-dokumen berupa catatan buku bimbingan dan konseling yang ada di Mts Arrosyad Sidoarjo. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan beberapa teknik yaitu wawancara observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan beberapa hal yaitu reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang didapat diantaranya 1) Pola asuh disetiap keluarga berbeda-beda dikarenakan setiap orang tua menerapkan gaya pola asuh yang menurut mereka tepat untuk digunakan 2) Perkembangan moral dipengaruhi oleh pola asuh yang diterapkan oleh orang tua orang tua merupakan panutan bagi diri seorang anak bila orag tua menerapkan gaya pola asuh yang tepat dan menanamkan ajaran moral yang baik maka mempengaruhi perkembangan moral bagi seorang anak 3) Terdapat empat macam gaya pola asuh yang diterapkan di MTs Arrosyad Sidoarjo 4) empat macam gaya pola asuh tersebut yaitu pola asuh demokratis pola asuh permisif pola asuh uninvolved dan pola asuh otoriter 5) Setiap gaya pola asuh yang diterapkan oleh orang tua memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Saran (1) Saran penulis bagi orang tua adalah untuk selalu memperhatikan anaknya. Saling terbuka antara kedua orang tua dan anak agar terjalin komunikasi yang baik. Pada saat masa remaja seorang anak akan mencari jati dirinya. Sebaiknya orang tua selalu mengawasi anak dan mengajak anak berbicara tentang kehidupannya. Orang tua harus memahami pola asuh apa yang paling sesuai dengan anaknya agar anak tidak terjerumus ke dalam hal yang tidak sesuai dengan norma yang berlaku didalam masyarakat (2) Peneliti selanjutnya diharapkan untuk mengkaji lebih banyak sumber maupun referensi yang terkait dengan pola asuh orang tua terhadap perkembangan moral seorang anak. Agar hasil penelitian yang didapatkan lebih baik dan lebih lengkap lagi. Peneliti selanjutnya diharapkan lebih mempersiapkan diri lagi dalam proses pengambilan dan pengumpulan data sehingga penelitian dapat dilaksanakan dengan lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Mar 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/198696

Actions (login required)

View Item View Item