Perwujudan nilai pendidikan karakter di sma panjura kota malang / Wulan Ayuning Tiyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Perwujudan nilai pendidikan karakter di sma panjura kota malang / Wulan Ayuning Tiyas

Tiyas, Wulan Ayuning Tiyas (2021) Perwujudan nilai pendidikan karakter di sma panjura kota malang / Wulan Ayuning Tiyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan karakter merupakan upaya rehabilitasi perilaku dan tindakan untuk mengatasi permasalahan yang terjadi pada kebiasaan yang dinilai kurang baik pada siswa. Pembiasaan kepribadian yang dinilai kurang baik disebabkan oleh aksi yang berlawanan dengan norma ataupun peraturan di dalam sekolah seperti tidak mematuhi tata tertib yang ada di sekolah bekerja sama saat ujian berlangsung atau menyontek dan kebiasaan berperilaku negatif yang dilarang oleh Agama. Kebiasaan berperilaku negatif harus dirubah dan disesuaikan dengan norma di sekolah maupun dimasyarakat melalui pembiasaan-pembiasaan nilai karakter yang diterapkan di sekolah SMA Panjura. Tujuan penelitian ini mengetahui mengetahui perwujudan nilai karakter yang dilaksanakan oleh siswa SMA Panjura kota Malang sehingga membentuk siswa dan siswi yang berkarakter dan memiliki budi bekerti berlandaskan Akhlaqul Karimah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data primer dalam penelitian ini terdiri dari peristiwa atau kejadian dan informan. Sumber data sekunder berupa dokumen. Pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi partisipatif wawancara mendalam dan studi dokumen. Analisis datanya menggunakan reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini mendeskripsikan (1) nilai pendidikan karakter yang ditanamkan di SMA Panjura Kota Malang (2) perwujudan nilai pendidikan karakter yang ditanamkan di SMA Panjura Kota Malang yaitu pembiasaan self disipline kejujuran dan religius . (3) kendala dalam perwujudan nilai pendidikan karakter diantaranya self disipline membutuhkan waktu yang cukup lama dan kebiasaan budaya lama yang masih terbawa oleh siswa dari sekolah sebelumnya. Kejujuran sikap individu siswa yang kurang percaya pada kemampuan sendiri dan memiliki kebiasaan menyontek dari sekolah sebelumnya. Religius lingkungan keluarga serta tempat tinggal dan tantangan dari luar. (4) upaya yang dilakukan dalam mengatasi kendala diantaranya rutin memberikan arahan dengan pendekatan kasih sayang memuji hasil usaha terbaik siswa memberikan penjelasan mengenai dampak buruk menyontek. Menjalin kolaborasi antara orangtua dan sekolah dan yang terakhir guru mempunyai unsur 3P (Pengajar Pendidik dan Pemimpin). Saran bagi sekolah SMA Panjura kota Malang lebih menyediakan fasilitas lengkap guna mendukung terwujudnya pendidikankarakter. Bagi siswa dan siswi lebih giat didalam mewujudkan pendidikan karakter. Bagi jurusan Hukum dan Kewarganegaraan dapat dijadikan referensi perkuliahan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/198662

Actions (login required)

View Item View Item