Pelaksanaan sistem e-siap online dalam pembuatan dokumen kependudukan di dinas kependudukan dan pencatatan sipil kabupaten blitar / Linda Hartatik - Repositori Universitas Negeri Malang

Pelaksanaan sistem e-siap online dalam pembuatan dokumen kependudukan di dinas kependudukan dan pencatatan sipil kabupaten blitar / Linda Hartatik

Hartatik, Linda Hartatik (2021) Pelaksanaan sistem e-siap online dalam pembuatan dokumen kependudukan di dinas kependudukan dan pencatatan sipil kabupaten blitar / Linda Hartatik. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Elektronik Sistem Aplikasi Pendaftaran Online ( E-Siap Online ) adalah aplikasi kependudukan yang berbasis online. Aplikasi ini merupakan inovasi baru yang dicanangkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Blitar untuk mengurangi antrian panjang yang terjadi setiap harinya di Dispendukcapil. Inovasi ini juga dimaksudkan untuk mempermudah masyarakat dalam mengajukan pembuatan dokumen kependudukan tanpa harus datang ke Dispendukcapil. Tujuan dari penelitan adalah untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan sistem E-Siap Online dalam pembuatan dokumen kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Blitar serta kendala dan upaya dalam pelaksanaan sistem E-Siap Online. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan kualitatif. Fokus dalam penelitian ini adalah (1) Dasar hukum Pemerintah Kabupaten Blitar menggunakan sistem E-siap Online sebagai sistem layanan pembuatan dokumen kependudukan (2) Pelaksanaan pelayanan pembuatan dokumen kependudukan menggunakan sistem E-siap Online di Kabupaten Blitar (3) Kualitas sistem E-Siap Online sebagai wujud layanan pembuatan dokumen kependudukan (4) Kendala yang timbul pada saat melaksanakan sistem E-Siap Online sebagai wujud layanan pembuatan dokumen kependudukan (5) Upaya Pemerintah Kabupaten Blitar dalam mengatasi kendala yang timbul pada saat melaksanakan sistem E-Siap Online sebagai wujud layanan pembuatan dokumen kependudukan. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data model interaktif Miles Huberman dan Saldana yang meliputi pengumpulan data reduksi data penyajian data/ display data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa aplikasi E-Siap Online diciptakan untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat Kabupaten Blitar dalam urusan administrasi kependudukan. Latar belakang penciptaan aplikasi E-Siap Online didasarkan pada antrian yang panjang terjadi setiap hari di Dispendukcapil. Terwujudnya pelaksanaan yang baik dalam penerapan E-Siap Online ini tidak lepas dari sosialisasi yang dilakukan oleh pihak Dispendukcapil dan juga antusias warga Kabupaten Blitar. Namun dalam penerapanya inovasi ini tidak lepas dari kendala diantaranya dari masyarakat yang belum melek teknologi dan juga dari pihak provider. Upaya dalam mengatasi kendala yang muncul dilakukan melalui kerja sama dengan pihak ketiga yang bertujuan untuk menangani masalah provider namun juga tidak mengatasi masalah. Dispendukcapil juga menerapakan modem dua kartu di E-Siap Online yakni Telkomsel dan Indosat dipilah pemohon yang Telkomsel diarahkan ke Telkomsel yang Indosat diarahkan ke Indosat namun masih juga belum mengatasi masalah karena jumlah pemohon banyak. Upaya terakhir yakni mencoba menerapkan satu modem diisi enam kartu namun masih dalam tahap uji coba pada awal tahun 2021 sehingga belum bisa dievaluasi. Selanjutnya untuk upaya pengembangan di bidang Sumber Daya Manusia juga dilakukan melalui BIMTEK sera umum dan individu. Saran peneliti kepada Dinas Kependudukan dan pencatatan sipil Kabupaten Blitar untuk mengatasi kendala yang timbul yaitu (1) Upaya Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Blitar melalui jemput bola harus tetap dipertahankan agar kesalahan data dalam pembuatan dokumen kependudukan dapat dihindari (2) Perlunya melakukan koordinasi dengan seluruh pihak terkait pelaksanaan sistem E-Siap Online. Khususnya dengan pihak provider agar modem bisa digunakan secara maksimal.Sehingga layanan pembuatan dokumen kependudukan dapat berlangsung secara cepat efektif dan efisien (3) perlunya segera menguji coba penerapan satu modem diisi enam kartu agar segera bisa dievaluasi pada tahun 2021. Namun jika memang belum mendapatkan hasil yang maksimal maka pihak Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Blitar bisa mencari alternatif lain untuk penyelesaian dari semua kendala yang timbul.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/198661

Actions (login required)

View Item View Item