Bentuk toleransi masyarakat islam dan hindu di desa glanggang, kecamatan pakisaji, kabupaten malang / Riris Masruroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Bentuk toleransi masyarakat islam dan hindu di desa glanggang, kecamatan pakisaji, kabupaten malang / Riris Masruroh

Masruroh, Riris Masruroh (2021) Bentuk toleransi masyarakat islam dan hindu di desa glanggang, kecamatan pakisaji, kabupaten malang / Riris Masruroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk toleransi masyarakat Islam dan Hindu serta mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat toleransi masyarakat Islam dan Hindu di Desa Glanggang Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif yakni reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Bentuk toleransi masyarakat Islam dan Hindu yaitu saling membantu dalam kegiatan sosial dan perayaan hari besar keagamaan partisipasi dalam acara tradisi Nyadran dan Bersih Desa adanya pernikahan beda agama sikap saling menghormati dan menghargai antar umat beragama dan musyawarah desa. (2) Faktor pendukung toleransi yaitu adanya peran tokoh agama adanya ajaran dari kedua agama yang dijadikan pedoman dalam hal bertoleransi pernikahan beda agama adanya tradisi yang dilaksanakan satu tahun sekali secara turun temurun dan kebijakan pemerintah. (3) Faktor penghambat toleransi yaitu kurangnya rasa pengertian dalam hal pendirian tempat ibadah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/198658

Actions (login required)

View Item View Item