Pelaksanaan pendidikan demokrasi dalam membina santri di Ma’had Ulul Albab Man 2 Lamongan / Dwi Karunia Dhamar Panuluh - Repositori Universitas Negeri Malang

Pelaksanaan pendidikan demokrasi dalam membina santri di Ma’had Ulul Albab Man 2 Lamongan / Dwi Karunia Dhamar Panuluh

Panuluh, Dwi Karunia Dhamar (2021) Pelaksanaan pendidikan demokrasi dalam membina santri di Ma’had Ulul Albab Man 2 Lamongan / Dwi Karunia Dhamar Panuluh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pendidikan demokrasi bagi generasi muda terutama para santri yang ada di pesantren khususnya di Ma rsquo had Ulul Albab MAN 2 Lamongan. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pola pendidikan demokorasi dalam membina santri di Ma rsquo had Ulul Albab melalui beberapa kegiatan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan wawancara observasi dan dokumentasi. Penelitian ini mengacu pada konsep teori agama dan negara demokrasi dan nasionalisme yang ada di pesantren. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa pendidikan demokrasi merupakan hal yang penting untuk diajarkan pada generasi muda terutama santri. Sebagai bagian dari masyarakat pesantren diharapkan mampu untuk melaksanakan dan mengembangkan nilai-nilai yang menjadi tuntutan masyarakat global saat ini. Diantaranya adalah sebuah sikap dapat menghargai dan menerapkan nilai-nilai demokrasi pluralisme dan Hak Asasi Manusia (HAM). Karakteristik yang sangat menonjol di pesantren sebagai lembaga pendidikan bisa dikatakan bersifat multikulturalis. Karena pesantren memang menekankan pada proses pembelajaran moral dan budaya lokal nusantara. Agama dalam penelitian ini akan dilihat dari perspektif agama bagi manusia yakni sebagai pedoman untuk bertindak dalam menjalankan seluruh aktivitas kehidupan. Melalui proses pendidikan demokrasi dapat menghasilkan manusia yang demokratis yang memiliki kesadaran dan keyakinan bahwa masyarakat demokratis dapat memaksimalkan kesejahteraan dan kebebasan secara baik dan benar. Melalui program kegiatan seperti kegiatan diniyah ro rsquo an pemilihan ketua santri dan peringatan hari besar nasional maupun islam diharapkan mampu mengembangkan nilai-nilai yang menjadi tuntutan masyarakat global saat ini. Diantaranya adalah sebuah sikap dapat menghargai dan menerapkan nilai-nilai demokrasi pluralisme dan Hak Asasi Manusia (HAM). Dalam melaksanakan program kegiatan tersebut tidak terlepas dari kendala berupa sumber daya manusia yang beragam serta waktu yang kurang kondusif. Dengan meningkatkan seluruh elemen pesantren managemen waktu dan melakukan evaluasi diharapkan mampu mengatasi kendala tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Feb 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/198647

Actions (login required)

View Item View Item