Survei efektifitas proses pembelajaran daring akibat pandemi coronavirus (covid-19) pada mata pelajaran pendidikan jasmani, kesehatan dan rekreasi SD Negeri 6 Sumbermanjingkulon Kecamatan Pagak Kabupaten Malang / Indung Parnata - Repositori Universitas Negeri Malang

Survei efektifitas proses pembelajaran daring akibat pandemi coronavirus (covid-19) pada mata pelajaran pendidikan jasmani, kesehatan dan rekreasi SD Negeri 6 Sumbermanjingkulon Kecamatan Pagak Kabupaten Malang / Indung Parnata

Parnata, Indung (2020) Survei efektifitas proses pembelajaran daring akibat pandemi coronavirus (covid-19) pada mata pelajaran pendidikan jasmani, kesehatan dan rekreasi SD Negeri 6 Sumbermanjingkulon Kecamatan Pagak Kabupaten Malang / Indung Parnata. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Parnata Indung. 2020.Survey Efektifitas Proses Pembelajaran Daring Akibat Pandemi Coronavirus (Covid-19) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi SD Negeri 6 Sumbermanjingkulon Kecamatan Pagak Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Fakultas Ilmu Keolahragaan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Ari Wibowo Kurniawan M Pd. Kata kunci Efektivitas Pembelajaran Daring Coronavirus (Covid-19). Pembelajaran daring merupakan sistem pembelajaran yang baru bagi peserta didik sekolah dasar. Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan peneliti di SD Negeri 6 Sumbermanjingkulon menunjukkan bahwa signal di daerah tersebut kurang memadai sebagian siswa-siswi di SD Negeri 6 Sumbermanjingkulon beberapa diantaranya belum memiliki smartphone yang memadai untuk mengikuti pembelajaran daring jam pembelajaran tidak menentu. Selain beberapa kendala yang dihadapi peserta didik disana adapun kendala yang dihadapi pengajar yaitu tidak semua mahir dalam penguasaan teknologi atau gaptek.Oleh sebab itu keefetivitasan pembelajaran daring masih dipertanyakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengkaji Efektifitas Proses Pembelajaran Daring Akibat Pandemi Coronavirus (Covid-19) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan SD Negeri 6 Sumbermanjingkulon Kecamatan Pagak Kabupaten Malang. Sub variabel yang diukur meliputi minat belajar daya tarik manfaat pembelajaran sarana dan prasarana dan kualitas interaksi. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif dengan metode survei. Penelitian ini akan dilakukan di SD Negeri 6 Sumbermanjingkulon. Yang beralamatkan di Dsn Krajan Sumbermanjingkulon Rt. 38 Rw. 10 Kecamatan Pagak Kabupaten Malang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 48 orang. Jenis kuesioner pada penelitian ini adalah kuesioner tertutup atau kuesioner terstruktur (Closed Questionaire). Kuesioner tertutup adalah kuesioner yang alternatif jawabannya telah disediakan. Dalam penelitian ini instrumen kuesioner menggunakan skala sikap atau skala likert 1-4 dengan pilihan alternatif jawaban sangat setuju setuju tidak setuju dan sangat tidak setuju. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh sub variabel minat belajar berada pada kategori cukup efektif dengan persentase 47.39% sub variabel daya tarik berada pada kategori cukup efektif dengan persentase 50.17% sub variabel manfaat pembelajaran daring berada pada kategori cukup efektif dengan persentase 52.52% sub variabel sarana dan prasarana berada pada kategori tidak efektif dengan persentase38.28% dan sub variabel kualitas interaksi berada pada kategori cukup efektif dengan persentase 44.78%. Dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran daring peserta didik di SD Negeri 6 Sumbermanjingkulon memperoleh hasil pada kategori cukup efektif dengan persentase 46.90%. Hasil tersebut didapat dari beberapa variabel-variabel yang diteliti meliputi minat belajar daya tarik manfaat pembelajaran sarana dan prasarana dan kualitas interaksi Keefektifan pembelajaran daring dalam masa pandemi peserta didik secara keseluruhan dalam mengikuti pembelajaran daring mata pelajaran pendidikan jasmani dan kesehatan SD Negeri 6 Sumbermanjingkulon yang meliputi minat belajar daya tarik manfaat pembelajaran sarana dan prasarana dan kualitas interaksi tergolong dalam cukup efektif. Dari kelima sub variabel sikap yang telah diteliti satu-satunya sub variabel yang masih berada pada kategori kurang/ belum terlihat yaitu pada sarana dan prasarana dalam mengikuti pembelajaran daring.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Oct 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/198608

Actions (login required)

View Item View Item