Pengembangan media pembelajaran variasi permainan karate berbasis aplikasi articulate storyline untuk kkg pjok sekolah dasar kelas iv di Kecamatan Sukun Kota Malang / Aisyah Kartika Dewi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran variasi permainan karate berbasis aplikasi articulate storyline untuk kkg pjok sekolah dasar kelas iv di Kecamatan Sukun Kota Malang / Aisyah Kartika Dewi

Dewi, Aisyah Kartika (2021) Pengembangan media pembelajaran variasi permainan karate berbasis aplikasi articulate storyline untuk kkg pjok sekolah dasar kelas iv di Kecamatan Sukun Kota Malang / Aisyah Kartika Dewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Beladiri yang berorientasi olahraga karate merupakan salah satu materi yang terdapat dalam mata pelajaran pendidikan jasmani. Dalam pelaksanaanya proses pembelajaran karate sudah melalui permainan tetapi belum pernah dilakukan melalui media pembelajaran. Terkait proses pembelajaran yang belum pernah dilakukan melalui media pembelajaran maka diperlukan media pembelajaran yang dapat mengemas materi variasi permainan karate secara menarik dan dapat dilakukan pada saat proses pembelajaran daring. Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan kepada guru KKG PJOK Sekolah Dasar Kecamatan Sukun Kota Malang dapat disimpulkan bahwa guru belum pernah mengajarkan materi permainan karate melalui media pembelajaran berupa aplikasi. Tujuan penelitian dan pengembangan ini yaitu untuk mengembangkan media pembelajaran variasi permainan karate yang dikemas dalam bentuk aplikasi Articulate Storyline untuk KKG PJOK Sekolah Dasar Kelas IV di Kecamatan Sukun Kota Malang. Pengembangan ini mengadaptasi metode pengembangan yang dikemukakan oleh Lee and Owens (2004 93). dengan menggunakan langkah-langkah sebagai berikut 1) analisis kebutuhan 2) melakukan design atau desain produk 3) development atau pengembangan produk 4) implementation atau pelaksanaan dan 5) evaluation atau evaluasi produk. Dalam penelitian ini terdapat subjek uji coba kelompok kecil sejumlah 8 guru dan uji coba besar sejumlah 17 guru. Berdasarkan hasil analisis oleh para ahli maka diperoleh persentase sebesar 74% untuk ahli pembelajaran 96% untuk ahli permainan 97% untuk ahli media 75% untuk ahli PJOK 75% untuk ahli karate. Berdasarkan uji coba kelompok maka diperoleh hasil 86% untuk uji coba kelompok kecil dan 88% untuk uji coba kelompok besar. Berdasarkan hasil analisi data tersebut maka dapat disimpulkan bahwa produk pengembangan media pembelajaran aplikasi tentang variasi permainan karate untuk kelas IV SD berbasis aplikasi articulate storyline dapat dikatakan ldquo layak digunakan rdquo sebagai media pembelajaran materi karate kelas IV SD.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Feb 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/198570

Actions (login required)

View Item View Item