Pengembangan media pembelajaran variasi permainan senam lantai berbasis aplikasi articulate storyline untuk KKG PJOK Sekolah Dasar Kelas IV di Kecamatan Wagir Kabupaten Malang / Amelia Nada Agustin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran variasi permainan senam lantai berbasis aplikasi articulate storyline untuk KKG PJOK Sekolah Dasar Kelas IV di Kecamatan Wagir Kabupaten Malang / Amelia Nada Agustin

Agustin, Amelia Nada (2021) Pengembangan media pembelajaran variasi permainan senam lantai berbasis aplikasi articulate storyline untuk KKG PJOK Sekolah Dasar Kelas IV di Kecamatan Wagir Kabupaten Malang / Amelia Nada Agustin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Agustin A. N. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Variasi Permainan Senam Lantai Berbasis Aplikasi Articulate Storyline Untuk KKG PJOK Sekolah Dasar Kelas IV Di Kecamatan Wagir Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi. Fakultas Ilmu Keolahragaan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Ari Wibowo Kurniawan M. Pd. Kata Kunci Media Senam Lantai Permainan Articulate Storyline Senam lantai merupakan cabang olahraga yang menarik. Dalam pelaksanaanya proses pembelajaran senam lantai sudah melalui permainan tetapi belum pernah dikemas melalui media pembelajaran berbasis aplikasi. Pada situsi pandemi Covid-19 ini pembelajaran di Sekolah Dasar dilakukan dengan pembelajaran daring begitupun dengan pembelajaran materi senam lantai sehingga berdasarkan permasalahan tersebut diperlukan media pembelajaran yang dapat mengemas materi variasi permainan senam lantai secara menarik dan dapat membantu guru dalam menyampaikan materi senam lantai pada saat proses pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan atau menghasilkan sebuah produk media pembelajaran materi senam lantai berbasis aplikasi articulate storyline untuk KKG PJOK SD Kecamatan Wagir Kabupaten Malang. Media pembelajaran ini nantinya digunakan sebagai penunjang agar materi pembelajaran senam lantai mudah untuk dipelajari serta dapat meningkatkan ketertarikan siswa dalam pembelajaran senam lantai yang terkesan monoton dan membosankan. Pengembangan ini mengadaptasi metode pengembangan yang dikemukakan oleh Lee and Owens (2004 93). dengan menggunakan langkah-langkah sebagai berikut 1) analisis kebutuhan 2) melakukan design atau desain produk 3) development atau pengembangan produk 4) implementation atau pelaksanaan dan 5) evaluation atau evaluasi produk. Dalam penelitian ini terdapat subjek uji coba kelompok kecil sejumlah 7 guru dan uji coba besar sejumlah 18 guru. Hasil dari pengembangan ini berupa aplikasi articulate storyline yang berisi materi variasi permainan senam lantai yang dapat digunakan sebagai media pendukung untuk mempermudah guru menyampaikan materi pembelajaran serta menambah antusias peserta didik untuk menerima materi yang disampaikan agar pembelajaran berlangsung dengan menyenangkan dan tidak monoton serta materi pembelajaran dapat tersampaikan dengan baik. Produk pengembangan ini layak digunakan sebagai media pembelajaran dengan hasil persentase sebesar 91.50% untuk ahli pembelajaran 75% untuk ahli PJOK 90.72% untuk ahli media 96.41% untuk ahli permainan dan 75% untuk ahli senam lantai. Berdasarkan uji coba kelompok maka diperoleh hasil 91.56% untuk uji coba kelompok kecil dan 96.94% untuk uji coba kelompok besar. Dalam pengoperasian produk pengembangan ini disarankan bagi pengguna untuk mengetahui serta memahami terlebih dahulu penggunaan android agar dapat mengoperasikan produk dengan baik proses produk pengembangan ini dapat digunakan sebagai media penyampaian materi kepada siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Mar 2021 04:29
Last Modified: 20 Dec 2022 03:46
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/198569

Actions (login required)

View Item View Item