Pengelolaan pelatihan batik tulis remekan di kecamatan ngantang / Firly Umi Larasati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengelolaan pelatihan batik tulis remekan di kecamatan ngantang / Firly Umi Larasati

Larasati, Firly Umi Larasati (2021) Pengelolaan pelatihan batik tulis remekan di kecamatan ngantang / Firly Umi Larasati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Larasati Umi Firly. 2021. Pengelolaan Pelatihan Batik Tulis Remekan di Kecamatan Ngantang. Skripsi Jurusan Teknologi Industri Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Nurul Aini M.Pd. (II) Dr. Agus Hery Supadmi Irianti M.Pd. Kata Kunci Pengelolaan Pelatihan Batik Tulis Remekan. Batik tulis merupakan salah satu peninggalan budaya yang harus dilestarikan salah satunya ialah dengan adanya pelatihan batik. Kecamatan Ngantang merupakan salah satu daerah yang mendirikan pelatihan yang dinamakan pelatihan batik tulis remekan. Pelatihan ini didirikan dari tahun 2018. Pelatihan ini diadakan dari dusun ke dusun di daerah Ngantang sehingga terbentuklah nama batik tulis di setiap dusun setelah selesai pelatihan dengan ciri khas ldquo remekan rdquo . Fokus pada penelitian ini meliputi perencanaan pelaksanaan dan evaluasi pelatihan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian berjumlah lima orang yaitu pelopor pelatihan instruktur pelatihan asisten instruktur pelatihan dan dua peserta pelatihan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara observasi dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan pelatihan batik tulis remekan meliputi 1) Perencanaan pelatihan diantaranya merencanakan tujuan manfaat materi media metode alat dan bahan tempat jadwal dan waktu peserta dan sasaran instruktur dan anggaran. Setiap indikator direncanakan sesuai dengan kesepakatan antara pengelola dan indikator jadwal dan tempat disesuaikan dengan kesepakatan pengelola dan peserta pelatihan. 2) Pelaksanaan pelatihan diawali dengan pembukaan oleh pelopor pelatihan dan dilanjutkan dengan materi. Setiap indikator pada pelaksanaan berjalan sesuai dengan yang sudah direncanakan tetapi ada beberapa indikator seperti metode waktu peserta sasaran dan materi yang terdapat beberapa perubahan dan tambahan. 3) Evaluasi pelatihan dinilai dari hasil keseluruhan mengenai tujuan akhir. Pengelolaan pelatihan batik tulis remekan dinyatakan berhasil karena pelatihan berjalan sesuai dengan tujuan akhir yang sudah direncanakan yaitu mendirikan pelatihan batik tulis di setiap dusun setelah selesai pelatihan. Pada saat ini terdapat tiga dusun yang berhasil mendirikan nama sendiri yaitu Dusun Ngadirejo memiliki sepuluh anggota dengan nama ldquo Batik Kharisma Cendrawasih Desa Sumberagung rdquo Dusun Waturejo memiliki empat anggota dengan nama ldquo Diva Batik Tulis rdquo Dusun Kasin memiliki empat anggota dengan nama ldquo Batik Tulis B.Lis Kampung Bibit rdquo . Setiap indikator memiliki perbaikan dan perubahan untuk pelatihan batik tulis remekan selanjutnya seperti penambahan instruktur penambahan sasaran perbaikan materi perbaikan media perubahan waktu dan perbaikan anggaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/198512

Actions (login required)

View Item View Item