Supriantono, Ogy Burhan Supriantono (2021) Pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian pada pos ketan legenda 1967 alun-alun kota wisata batu. / Ogy Burhan Supriantono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Di era modern saat ini bisnis makanan banyak diminati oleh masyarakat. Tempat kuliner merupakan salah satu hal yang wajib disinggahi pada saat bepergian hal tersebut dibuktikan dengan semakin banyaknya didirikan berbagai tempat kuliner. Pos Ketan Legenda 1967 Alun-alun Kota Wisata Batu merupakan salah satu kuliner legendaris di Kota Batu dan telah bertahan lebih dari setengah abad. Agar dapat bersaing dengan tempat kuliner lain yang terdapat di Kota Wisata Batu Pos Ketan Legenda sebaiknya memiliki strategi pemasaran yang tepat yaitu dengan merancang bauran pemasaran. Bauran pemasaran adalah suatu perangkat dari atribut-atribut pemasaran yang dikendalikan suatu perusahaan agar mendapatkan respon dari konsumen dalam pangsa pasar dan dapat menimbulkan permintaan dari konsumen terhadap produk maupun jasa yang ditawarkan oleh perusahaan (Kotler amp Armstrong 2008). Bauran pemasaran dapat berpengaruh pada keputusan pembelian konsumen terhadap produk yang ditawarkan oleh produsen. Keputusan pembelian adalah aktivitas pemecahan masalah yang dilakukan oleh seseorang ketika menentukan pilihan perilaku yang sesuai dari beberapa perilaku serta dinilai sebagai perilaku yang paling sesuai ketika akan membeli sesuatu dengan melalui tahapan proses pengambilan keputusan (Zulaicha amp Irawati 2016 126). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji variabel-variabel yang dipertimbangkan oleh konsumen untuk memutuskan melakukan pembelian di Pos Ketan Legenda serta mengkaji variabel dominan yang berpengaruh secara parsial dan simultan. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan metode sampel non-random/ non-probabilitas teknik penentuan sampel berupa penilaian/ purposive yaitu teknik penentuan sampel dengan syarat tertentu. Syarat tersebut adalah responden yang melakukan pembelian ulang di Pos Ketan Legenda minimal dua kali. Besarnya sampel yaitu 99 responden dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Variabel yang diteliti terdiri dari satu variabel independen (X) bauran pemasaran 4P dan satu variabel dependen (Y) keputusan pembelian. Hubungan antara variabel dianalisis menggunakan uji regresi linear berganda yaitu teknik statistik untuk mengkaji apakah ada pengaruh yang ditimbulkan dari variabel 4P yang berupa produk harga promosi dan tempat terhadap keputusan pembelian pada Pos Ketan Legenda. Bauran pemasaran 4P secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada Pos Ketan Legenda. Atribut tempat memiliki Thitung sebesar 4 087 atribut produk memiliki Thitung sebesar 3 142 atribut promosi memiliki Thitung sebesar 2 883 dan atribut harga memiliki Thitung sebesar 2 303. Pengaruh secara simultan terdapat empat atribut bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian pada Pos Ketan Legenda. Atribut tersebut adalah produk (X1) harga (X2) promosi (X3) dan tempat (X4) yang secara bersama-sama berpengaruh nyata terhadap keputusan pembelian (Y) dengan persentase sebesar 40 1%. Diperoleh hasil dengan nilai atribut tempat yang tinggi maka Pos Ketan Legenda dapat lebih memperluas kedai dengan menambah jumlah meja dan kursi untuk para konsumen. Sedangkan nilai atribut harga yang rendah maka Pos Ketan Legenda dapat menekan biaya-biaya yang dapat mempengaruhi harga jual.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Boga |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 Feb 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/198471 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |