Hubungan antara kemampuan keteknikan dan kemampuan komunikasi dengan minat berwirausaha pada siswa kelas xii program keahlian teknik instalasi tenaga listrik (TITL) di SMKN 1 Kediri / Ahmad Fadillah - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara kemampuan keteknikan dan kemampuan komunikasi dengan minat berwirausaha pada siswa kelas xii program keahlian teknik instalasi tenaga listrik (TITL) di SMKN 1 Kediri / Ahmad Fadillah

Fadillah, Ahmad (2021) Hubungan antara kemampuan keteknikan dan kemampuan komunikasi dengan minat berwirausaha pada siswa kelas xii program keahlian teknik instalasi tenaga listrik (TITL) di SMKN 1 Kediri / Ahmad Fadillah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fadillah Ahmad. 2021. Hubungan Antara Kemampuan Keteknikan dan Kemampuan Komunikasi dengan Minat Berwirausaha pada Siswa Kelas XII Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) di SMKN 1 Kediri. Skripsi. Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dyah Lestari S.T. M.Eng. Pembimbing (II) Drs. Hari Putranto. M.pd. Kata Kunci Kemampuan Keteknikan Kemampuan Komunikasi Minat Berwirausaha. Minat berwirausaha adalah kesadaran seseorang yang dapat menimbulkan adanya keinginan menyukai sesuatu dengan aktif melakukan kegiatan yang menjadi obyek kesukaannya tanpa mau bergantung pada orang lain dan berkeinginan keras dalam usaha yang dilakukannya. Perilaku kewirausahaan dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal merupakan faktor dari diri seorang wirausaha yang meliputi cara berkomunikasi pendidikan usia dan jenis kelamin. Faktor eksternal merupakan faktor yang mempengaruhi diri seorang wirausaha dari luar seperti lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat secara umumnya. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan kemampuan keteknikan (X1) kemampuan komunikasi (X2) minat berwirausaha (Y) pada siswa kelas XII Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) SMKN 1 Kediri (2) Mengungkap signifikansi hubungan X1 terhadap Y (3) Mengungkap signifikansi hubungan X2 terhadap Y (4) Mengungkap signifikansi hubungan X1 dan X2 terhadap Y secara simultan dan besar kontribusinya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian deskriptif korelasional. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XII Jurusan TITL di SMKN 2 Kediri dengan total populasi sebanyak 94 siswa. Variabel X1 diperoleh dari nilai mata pelajaran produktif siswa dan variabel X2 dan variabel Y menggunakan kuisioner tertutup. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi menggunakan aplikasi SPSS. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Variabel X1 X2 dan Y berkategori tinggi (2) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara X1 dengan Y dengan nilai Psig. 0 026 lt 0 05 (3) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara X2 dengan Y dengan nilai Psig. 0 000 lt 0 05 (4) Terdapat hubungan postif dan signifikan secara simultan antara X1 dan X2 dengan Y dengan nilai Sig.F 0 000 (5) Sumbangan relatif (SR) X1 dan X2 sebesar 19 8% dan 80% (6) Sumbangan efektif (SE) X1 dan X2 sebesar 7 60% dan 31%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Variabel X1 X2 dan Y berkategori tinggi (2) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara X1 terhadap Y (3) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara X2 terhadap Y (4) Terdapat hubungan positif dan signifikan secara simultan antara X1 dan X2 terhadap Y.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Feb 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/198459

Actions (login required)

View Item View Item