Hubungan cognitive flexibility dan digital literacy terhadap kapabilitas TPACK calon guru untuk pembelajaran abad 21 pada mahasiswa s1 pendidikan teknik elektro Universitas Negeri Malang / Rizqi Nurrahman - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan cognitive flexibility dan digital literacy terhadap kapabilitas TPACK calon guru untuk pembelajaran abad 21 pada mahasiswa s1 pendidikan teknik elektro Universitas Negeri Malang / Rizqi Nurrahman

Nurrahman, Rizqi (2021) Hubungan cognitive flexibility dan digital literacy terhadap kapabilitas TPACK calon guru untuk pembelajaran abad 21 pada mahasiswa s1 pendidikan teknik elektro Universitas Negeri Malang / Rizqi Nurrahman. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kompleksitas dan tuntutan pembelajaran abad 21 perlu mendapat perhatian khusus bagi calon guru agar mampu mendesain pembelajaran sesuai kebutuhan terkini. Perubahan teknologi dan model pembelajaran baru menuntut adanya kemampuan adaptasi yang baik. Calon guru perlu memiliki kapabilitas TPACK agar mampu beradaptasi untuk mengelola pembelajaran abad 21 secara efektif melalui integrasi antara pengetahuan teknologi pedagogi dan konten. Aspek yang mendukung peningkatan kapabilitas TPACK yaitu cognitive flexibility dan digital literacy. Tujuan penelitian ini yaitu (1) mendeskripsikan tingkat kapabilitas TPACK untuk pembelajaran abad 21 (TPACK-21CL) (2) mendeskripsikan tingkat cognitive flexibility (CF) (3) mendeskripsikan tingkat digital literacy (DL) (4) mengungkap signifikansi hubungan CF terhadap kapabilitas TPACK-21CL (5) mengungkap signifikansi hubungan DL terhadap kapabilitas TPACK-21CL dan (6) mengungkap signifikansi hubungan CF dan DL terhadap kapabilitas TPACK-21CL. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan rancangan deskriptif korelasional dan bersifat ex post facto. Sampel penelitian sebanyak 86 mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Elektro UM 2017 yang telah menempuh Mata Kuliah Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP). Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang sebelumnya telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Tingkat reliabilitas variabel CF DL dan TPACK-21CL berturut-turut yaitu 0 896 0 862 0 939. Teknik analisis data terdiri dari analisis deskriptif dan uji hipotesis parsial dan simultan berbantuan software SPSS. Pengambilan keputusan dilakukan dengan pedoman taraf signifikansi sebesar 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran tingkat CF DL dan TPACK-21CL yang dimiliki mahasiswa calon guru dikategorikan tinggi dengan persentase dominan sampel secara berurutan sebesar 60 5 % 58 1 % dan 53 5 %. Sumbangan relatif dan efektif cognitive flexibility terhadap kapabilitas TPACK-21CL lebih dominan sebesar 56 70 % (SR) dan 36 17 % (SE). Sedangkan sumbangan relatif dan efektif digital literacy terhadap kapabilitas TPACK-21CL lebih rendah sebesar 43 30 % (SR) dan 27 63 % (SE). Kesimpulan dari penelitian yaitu terdapat hubungan yang positif dan signifikan secara parsial antara CF terhadap kapabilitas TPACK-21CL DL terhadap kapabilitas TPACK-21CL serta CF dan DL secara simultan terhadap kapabilitas TPACK-21CL.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/198430

Actions (login required)

View Item View Item