Hubungan antara kebermaknaan pembelajaran produktif dan personal effectiveness terhadap kemampuan adaptasi dunia kerja pada siswa kelas xii program keahlian TITL SMK se-Kota Malang / Sangaji Dimas Wiranata - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara kebermaknaan pembelajaran produktif dan personal effectiveness terhadap kemampuan adaptasi dunia kerja pada siswa kelas xii program keahlian TITL SMK se-Kota Malang / Sangaji Dimas Wiranata

Wiranata, Sangaji Dimas (2021) Hubungan antara kebermaknaan pembelajaran produktif dan personal effectiveness terhadap kemampuan adaptasi dunia kerja pada siswa kelas xii program keahlian TITL SMK se-Kota Malang / Sangaji Dimas Wiranata. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wiranata Sangaji Dimas. 2021. Hubungan Kebermaknaan Pembelajaran Produktif dan Personal Effectiveness terhadap Kemampuan Adaptasi Dunia Kerja pada Siswa Kelas XII Program Keahlian TITL SMK se-Kota Malang. Skripsi. Fakultas Teknik Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Setiadi Cahyono Putro M.Pd M.T. (2)Drs. Hari Putranto M.Pd. Kata Kunci Kemampuan Adaptasi Dunia Kerja Kebermaknaan Pembelajaran Produktif Personal Effectiveness Masalah yang sering timbul pada siswa SMK adalah kemampuannya dalam beradaptasi di dunia kerja. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi adalah faktor internal (Personal Effectiveness) dan faktor eksternal (Kebermaknaan Pembelajaran Produktif). Tujuan penelitian ini untuk (1) mengetahui tingkat kebermaknaan pembelajaran produktif (2) mengetahui tingkat personal effectiveness (3) mengetahui tingkat kemampuan adaptasi di dunia kerja (4) mengungkap hubungan kebermaknaan pembelajaran produktif dengan kemampuan adaptasi di dunia kerja (5) mengungkap hubungan personal effectiveness dengan kemampuan adaptasi di dunia kerja (6) mengungkap hubungan kebermaknaan pembelajaran produktif dan personal effectiveness dengan kemampuan adaptasi di dunia kerja siswa SMK TITL di Kota Malang. Metode penelitian kuantitaif dipilih dalam penelitian ini. Deskriptif korelasional dipilih dalam rancangan penelitian. 80 siswa dijadikan sampel dalam penelitian siswa kelas XII jurusan TITL di Kota Malang. Angket menjadi teknik pengumpulan data. Tingkatan reabilitas X1 0 891 X2 0 921 dan Y 0 935. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan menunjukkan Sumbangan relatif X1 terhadap Y sebesar 48 38% dan X2 terhadap Y sebesar 51 62%. Sumbangan efektif X1 terhadap Y sebesar 31 37% dan X2 terhadap Y sebesar 33 41%. Sedangkan 35 3% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Dari hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan Kebermaknaan Pembelajaran Produktif siswa kelas XII TITL se-Kota Malang dalam kategori sangat tinggi. Personal Effectiveness dalam kategori sangat tinggi. Kemampuan Adaptasi di Dunia Kerja dalam kategori sangat tinggi. Terdapat hubungan positif dan signifikan antara X1 terhadap Y. Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara X2 terhadap Y. Terdapat hubungan secara simultan yang positif dan signifikan antara X1 dan X2 terhadap Y.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Feb 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/198424

Actions (login required)

View Item View Item