Hubungan pembelajaran online terhadap kemandirian belajar mahasiswa program studi S1 Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Malang - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan pembelajaran online terhadap kemandirian belajar mahasiswa program studi S1 Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Malang

Afifah, Baiq As-alul (2021) Hubungan pembelajaran online terhadap kemandirian belajar mahasiswa program studi S1 Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Malang. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) secara umum untuk mengkaji dan mengungkapkan hubungan antara pembelajaran online (X) terhadap kemandirian belajar mahasiswa (Y) program studi S1 Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Malang (2) secara khusus mengungkapkan signifikansi hubungan antara pembelajaran online (X) terhadap kemandirian belajar mahasiswa pada aspek awareness (Y1) aspek learning strategies (Y2) aspek learning activities (Y3) aspek evaluations (Y4) dan aspek interpersonal skills (Y5). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif korelasional. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa program studi S1 Pendidikan Teknik Informatika yang melaksanakan pembelajaran full online sejumlah 243 mahasiswa dan ditarik sampel sebanyak 25% yaitu 61 mahasiswa. Analisis korelasi dilakukan dengan menggunakan rumus korelasi Rank Spearman. Pengolahan data dibantu dengan aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pembelajaran online terhadap kemandirian belajar mahasiswa dengan tingkat hubungan yang terjadi berada pada kategori sedang. Secara khusus pada hubungan pembelajaran online terhadap masing-masing aspek kemandirian belajar mahasiswa didapatkan hasil terdapat hubungan yang positif dan signifikan pada aspek awareness dalam tingkat kuat aspek learning strategies dalam tingkat sedang aspek learning activities dalam tingkat rendah dan aspek evaluations pada tingkat rendah. Sementara pada hubungan antara pembelajaran online terhadap kemandirian belajar aspek interpersonal skills tidak ditemukan hubungan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Mar 2021 04:29
Last Modified: 14 Aug 2023 04:33
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/198412

Actions (login required)

View Item View Item