Penerapan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) berbasis masalah dibandingkan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) berbasis kontekstual untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas X TKJ di SMK Negeri 6 Malang / Alfi Rohmah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) berbasis masalah dibandingkan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) berbasis kontekstual untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas X TKJ di SMK Negeri 6 Malang / Alfi Rohmah

Rohmah, Alfi (2021) Penerapan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) berbasis masalah dibandingkan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) berbasis kontekstual untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas X TKJ di SMK Negeri 6 Malang / Alfi Rohmah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam proses pembelajaran salah satu kemampuan yang harus dikuasai oleh siswa adalah kemampuan pemecahan masalah. Pada saat ini Indonesia terkena dampak dari mewabahnya virus corona sehingga pembelajaran berlangsung daring. Berdasarkan hasil pengamatan guru tidak menerapkan model pembelajaran. Kegiatan pembelajaran daring guru menggunakan aplikasi WhatsApp Group untuk memberikan informasi dan Google Classroom untuk mendistribusikan materi pembelajaran yang mengakibatkan pemahaman siswa terhadap materi masih kurang. Akibatnya 40% siswa memiliki kemampuan pemecahan masalah yang rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui deskripsi hasil belajar dan kemampuan pemecahan masalah ranah pengetahuan sistem komputer menggunakan model AIR berbasis masalah dan model AIR berbasis kontekstual dan mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah ranah pengetahuan sistem komputer menggunakan model pembelajaran AIR berbasis masalah dibandingkan AIR berbasis kontekstual. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experimental design) menggunakan desain eksperimen non-equivalent control group tipe pretest-posttest dimaksudkan dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa. Penerapan model pembelajaran AIR berbasis masalah dilakukan di kelas X TKJ 1 dan model pembelajaran AIR berbasis kontekstual pada kelas X TKJ 2 yang masing-masing berjumlah 36 siswa. Instrumen pengukuran yang digunakan soal pretest-posttest angket dan lembar keterlaksanaan pembelajaran. Uji yang digunakan dengan bantuan software SPSS 24. Hasil penelitian ini menunjukkan n-gain kelas X TKJ 1 memperoleh nilai sebesar 77 38% masuk dalam kategori tinggi dengan tafsiran efektivitas efektif. Kelas X TKJ 2 memperoleh nilai sebesar 65 62% masuk dalam kategori sedang dengan tafsiran efektivitas cukup efektif. Hasil data pengujian hipotesis memperoleh nilai signifikansi sebesar 0 002 menunjukkan bahwa ada perbedaan kemampuan pemecahan masalah siswa terhadap mata pelajaran sistem komputer menggunakan model pembelajaran AIR berbasis masalah dibandingkan AIR berbasis kontekstual siswa kelas X TKJ di SMK Negeri 6 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Feb 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/198409

Actions (login required)

View Item View Item