Perbandingan penerapan model PBL berbantuan modul digital dibandingkan dengan berbantuan flipbook pengaruhnya terhadap hasil belajar dasar desain grafis pada siswa kelas x multimedia SMKN 1 Gempol / Ronald Evan Barus - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbandingan penerapan model PBL berbantuan modul digital dibandingkan dengan berbantuan flipbook pengaruhnya terhadap hasil belajar dasar desain grafis pada siswa kelas x multimedia SMKN 1 Gempol / Ronald Evan Barus

Barus, Ronald Evan (2021) Perbandingan penerapan model PBL berbantuan modul digital dibandingkan dengan berbantuan flipbook pengaruhnya terhadap hasil belajar dasar desain grafis pada siswa kelas x multimedia SMKN 1 Gempol / Ronald Evan Barus. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mutu pendidikan masih menjadi masalah dalam dunia pendidikan di Indoneisa. Masalah dalam mutu pendidikan yang paling sering ditemui adalah tentang hasil belajar peserta didik. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan di SMK N 1 Gempol pada kelas X Multimedia mata pelajaran dasar desain grafis diketahui bahwa hasil belajar siswa masih rendah. Adapun faktor yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar pada dasar desain grafis yaitu dari segi bahan ajar dan model pembelajaran yang digunakan. Strategi yang akan digunakan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan membandingkan modul digital dengan media pembelajaran flipbook. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan hasil belajar karena penerapan model pembelajaran PBL berbantuan modul digital (2) mendeskripsikan hasil belajar karena penerapan model PBL berbantuan flipbook (3) mengunkapkan perbedaan rata ndash rata hasil belajar dasar desain grafis karena penerapan model pembelajaran PBL berbantuan modul digital dan flipbook. Desain experiment yang digunakan dalam penelitian ini adalah true experiment design yang meneliti kemungkinan sebab ndash akibat terhadap kelompok eksperimen dengan kelompok control kemudian membandingkan antara keduanya dan design penelitiannya menggunakan bentuk pretest ndash posttest control group design. Subjek penelitian ini siswa kelas X MM 3 dan X MM 2 di SMKN 1 Gempol yang masing-masing berjumlah 41 siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMKN 1 Gempol dengan waktu penelitian yaitu semester ganjil tahun ajaran 2020/2021. Instumen pengukuran berupa tes kognitif. Untuk uji hipotesis menggunakan Independent Sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat (1) peningkatan hasil belajar karena penerapan model pembelajaran PBL berbantuan modul digital sebesar 0 43 (2) peningkatan hasil belajar karena penerapan model pembelajaran PBL berbantuan flipbook sebesar 0 22 dan (3) perbedaan hasil belajar ranah pengetahuan dengan sig 0 002 lt 0 05. Kesimpulan dari penelitian terdapat peningkatan serta perbedaan hasil belajar dasar desain grafis siswa pada kelas bahan ajar modul digital dan dengan bahan ajar flipbook.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/198383

Actions (login required)

View Item View Item