E-modul mata pelajaran pemrograman dasar bermuatan project based learning dengan computer assisted instruction (cai) untuk mengoptimalkan kemandirian belajar siswa kelas x di smk / Sagita Regina Putri Ananda - Repositori Universitas Negeri Malang

E-modul mata pelajaran pemrograman dasar bermuatan project based learning dengan computer assisted instruction (cai) untuk mengoptimalkan kemandirian belajar siswa kelas x di smk / Sagita Regina Putri Ananda

Ananda, Sagita Regina Putri Ananda (2021) E-modul mata pelajaran pemrograman dasar bermuatan project based learning dengan computer assisted instruction (cai) untuk mengoptimalkan kemandirian belajar siswa kelas x di smk / Sagita Regina Putri Ananda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pemrograman dasar termasuk dalam bagian mata pelajaran dasar program keahlian (C2) di Sekolah Menengah Kejuruan untuk program keahlian Teknik Komputer dan Informatika dalam menambah kemampuan dasar dalam pemrograman komputer bagi siswa sehingga dapat melanjutkan setiap jenjang pelajaran program keahlian agar tercapai. Penelitian ini bertujuan mengembangkan serta menghasilkan suatu produk media pembelajaran berupa e-modul pada mata pelajaran Pemrograman Dasar yang bermuatan Project Based Learning serta CAI untuk mewujudkan rangka tujuan merancang mengembangkan dan menguji hasil rancangan. Dengan metode pengembangan menggunakan model 4D dengan urutan pengembangan 1) Pendefinisian (define) 2) Perancangan (design) 3) Pengembangan (develop) dan 4) Penyebaran (disseminate). Hasil produk dilaksanakan uji coba kepada siswa kelas X jurusan RPL semester ganjil di SMKN 6 Malang untuk meneliti adanya peningkatan kemandirian belajar. Hasil penelitian yang telah dilakukan kepada ahli serta uji coba kepada siswa yakni validasi kelayakan dari ahli media telah diperoleh skor rata-rata persentase sebesar 94 53% sedangkan untuk validasi kelayakan dari ahli materi diperoleh skor rata-rata persentase sebesar 92 74% dan untuk validasi gabungan dari ahli media dan ahli materi diperoleh persentase sebesar 93 63%. Uji coba perseorangan oleh 2 siswa diperoleh skor persentase rata-rata sebesar 88 75% uji coba kelompok kecil yang dilakukan oleh 8 siswa diperoleh skor persentase rata-rata sebesar 80 52% dan pada uji coba kelompok kecil yang dilakukan oleh 17 siswa diperoleh skor persentase rata-rata sebesar 84 41%. Secara keseluruhan dari media pembelajaran dengan e-modul ini dinyatakan sangat baik/sangat layak untuk digunakan dalam pelaksanaan proses pembelajaran bagi siswa kelas X semester ganjil di SMKN 6 Malang. Hasil kemandirian belajar yang diperoleh dengan melakukan validitas soal sebanyak 30 soal dinyatakan valid dan reliable. Selanjutnya melakukan uji kemandirian belajar kepada 33 siswa pada penelitian ini diperoleh nilai rata-rata persentase sebesar 86 46% yang mana dalam penelitian kemandirian belajar dengan menggunakan e-modul dinyatakan sangat tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/198382

Actions (login required)

View Item View Item