Hubungan self efficacy dan motivasi kerja siswa terhadap job engagement pada kegiatan praktik kerja industri smk program keahlian tki (teknik komputer dan informatika) di kabupaten pasuruan / Safitri Nurfaida - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan self efficacy dan motivasi kerja siswa terhadap job engagement pada kegiatan praktik kerja industri smk program keahlian tki (teknik komputer dan informatika) di kabupaten pasuruan / Safitri Nurfaida

Nurfaida, Safitri Nurfaida (2021) Hubungan self efficacy dan motivasi kerja siswa terhadap job engagement pada kegiatan praktik kerja industri smk program keahlian tki (teknik komputer dan informatika) di kabupaten pasuruan / Safitri Nurfaida. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Nurfaida Safitri. 2021. Hubungan Self Efficacy dan Motivasi Kerja terhadap Job Engagement pada Kegiatan Praktik Kerja Industri SMK Program Keahlian TKI (Teknik Komputer dan Informatika) di Kabupaten Paasuruan. Skripsi Jurusan Elektro Program Studi S1 Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Dr. Wahyu Sakti Gunawan Irianto M.Kom (II) Dr. Hary Suswanto S.T. M.T. Kata Kunci Self efficacy Motivasi Kerja dan Job Engagement Pembelajaran yang berada di sekolah juga akan diterapkan dan belajar kembali di luar sekolah yaitu menempatkan peserta didik SMK ke industri dan dunia usaha yang sesuai dengan kompetensi. Observasi awal pada bulan Januri 2020 yang telah dilakukan kepada peserta didik SMK yang berbeda pada program keahlian TKI (Teknik Komputer dan Informatika) di kabupaten pasuruan yaitu rentangan waktu serta rata ndash rata jam kerja yaitu 48 jam perminggu. Hal tersebut mempengaruhi tingkat motivasi kerja dalam diri peserta didik karena katahanan dalam menerima sebuah tugas. Pihak tempat praktik sudah berperan aktif untuk memberikan motivasi yang dibutuhkan oleh peserta didik. Namun pemberian motivasi masih belum sesuai dengan yang diharapkan oleh peserta didik Hal tersebut mempengaruhi tingkat motivasi kerja serta self efficacy dalam diri peserta didik karena katahanan dalam menerima sebuah tugas atau pekerjaan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) Mengungkap Self efficacy Motivasi Kerja dan Job engagement pada kegiatan praktik industri SMK program keahlian TKI (Teknik Komputer dan Informatika) di Kabupaten Pasuruan (2) Mengungkap self efficacy siswa berhubungan terhadap job engagement pada kegiatan praktik industri SMK program keahlian TKI (Teknik Komputer dan Informatika) di Kabupaten Pasuruan (3) Mengungkap motivasi kerja berhubungan terhadap job engagement pada kegiatan praktik industri SMK program keahlian TKI (Teknik Komputer dan Informatika) di Kabupaten Pasuruan. Penelitian ini menggunakan metode expost facto dengan model penelitian kuantitatif dan teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif korelasional. Pengambilan data untuk penelitian yaitu menggunakam instrumen angket dan wawancara yang dilaksanakan 6 sekolah yang berdeda dikabupaten pasuruan yang berjumlah keseluruhan responden sebanyak 230 responden. Instrumen penelitian self efficacy terdapat 3 indikator yang digunakan yaitu (1) Tingkat kesulitan tugas (2) kekuatan keyakinan (3) generalitas. Instrumen peneltian motivasi kerja terdapat 3 indikator yaitu (1) arah perilaku (2) tingkat usaha (3) tingkat kegigihan. Instrumen penelitian job engagement juga terdapat 3 indikator yaitu (1) semangat (2) dedikasi (3) penyerapan. Hasil penelitian pengembangan ini adalah (1) menghasilkan grand mean variabel self efficacy yaitu 4 19 artinya self efficacy peserta didik pada kegiatan praktik kerja industri tergolong Baik (2) nilai grand mean variabel motivasi kerja sebesar 4 41 artinya motivasi kerja peserta didik pada kegiatan praktik kerja industri tergolong Baik (3) nilai grand mean variabel job engagement 4 09 sebesar yang artinya job engagement peserta didik pada kegiatan praktik kerja industri telah tergolong Baik. Praktik kerja industri yang telah dilaksanakan kemudian peserta didik mengetahui bahwa self efficacy dirinya yang meningkat dengan dukungan oleh pihak industri akan mempangaruhi tingkat kepercayaan dirinya dalam bersaing atau berkompetisi di dunia kerja. Berkompetisi dengan kompetensi skill yang dimiliki ke dunia kerja yang semakin bertambah ilmu dan selalu berkembang. Ketika sebuah kesalahan terjadi ada teguran dri pihak dunia usaha dan dunia industri peserta didik tersebut tetap menjalankan tanggung jawabnya dan tetap termotivasi menjalankan dengan baik mulai awal hingga akhir.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/198379

Actions (login required)

View Item View Item