Pengembangan media pembelajaran interaktif bermuatan creative problem solving untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran dasar desain grafis di kelas x tkj program keahlian teknik komputer dan informatika / MOH YUSRIL FIRMANSYAH - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran interaktif bermuatan creative problem solving untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran dasar desain grafis di kelas x tkj program keahlian teknik komputer dan informatika / MOH YUSRIL FIRMANSYAH

Firmansyah, Moh Yusril Firmansyah (2021) Pengembangan media pembelajaran interaktif bermuatan creative problem solving untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran dasar desain grafis di kelas x tkj program keahlian teknik komputer dan informatika / MOH YUSRIL FIRMANSYAH. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemajuan teknologi informasi pendidikan dan pembelajaran sangat dibutuhkan dalam media pembelajaran yang semakin canggih salah satunya melalui perangkat smartphone atau berbasis mobile. Hasil observasi di SMK Negeri 7 Malang dengan guru yang mengajar dasar desain grafis dikelas yang diadakan Jarak Jauh (Online) dari rumah selama pandemi COVID-19 bahwa penggunaan model dan media konvensional melalui media powerpoint yang digunakan oleh guru kurang mudah menjelaskan pelajaran dasar desain grafis kurang memadainya penggunaan media powerpoint yang digunakan oleh guru untuk kesehariannya dalam mengajar powerpoint yang dihasilkan melalui materi yang disampaikan susah diterima dan pemanfaatan media dalam pembelajaran yang digunakan belum maksimal supaya dapat memotivasi siswa untuk meningkatkan hasil belajar. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk (1) Merancang media pembelajaran interaktif dasar desain grafis bermuatan Creative Problem Solving dalam meningkatkan hasil belajar siswa di kelas X TKJ (2) Menghasilkan media pembelajaran interaktif mata pelajaran dasar desain grafis yang layak untuk meningkatkan hasil belajar siswa (3) Mengetahui efisiensi produk. Tahap penelitian pengembangan ini mengikuti langkah-langkah ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu analyze design development implementation dan evaluate. Produk dalam penelitian ini adalah ahli media ahli materi dan pengguna. Pengujian untuk tahap pertama divalidasi oleh ahli media dan ahli materi dilanjutkan tahap kedua yaitu pengujian produk digunakan dalam kelompok kecil dilakukan pada 8 siswa dan pengujian produk dalam kelompok besar dilakukan dengan 33 siswa dari kelas X TKJ. Hasil penelitian pengembangan ini diperoleh dengan rata-rata skor kevalidan pada ahli media dengan nilai 92 78% sangat valid dan ahli materi sebesar 82 97% sangat valid rata-rata skor kelayakan pada kelompok kecil dengan nilai 91 20% sangat layak dan kelompok besar dengan nilai 80 37% sangat layak dan keefektifan produk dibuktikan dari ketuntasan kelas berdasarkan nilai akhir dari gabungan pre-test dan post-test siswa dengan nilai 87 50%. Maka dapat disimpulkan produk media pembelajaran interaktif bermuatan Creative Problem Solving (CPS) yang dikembangkan dinyatakan sangat layak dan efektif digunakan pada aktivitas belajar siswa SMKN 7 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Feb 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/198378

Actions (login required)

View Item View Item