'ulya, Dzurriyyatul (2021) Penerapan model pembelajaran team based project terhadap hasil belajar mata pelajaran teknik pengolahan audio dan video siswa kelas XII SMKN 1 Baureno Bojonegoro. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kegiatan pembelajaran yang sebelumnya menggunakan sistem tatap muka berubah menjadi sistem daring (dalam jaringan). Perubahan tersebut didasari oleh dampak pandemi covid-19. Seluruh instansi pendidikan dituntut untuk beradaptasi dengan pembelajaran daring. Salah satu sekolah yang menerapkan pembelajaran daring yaitu SMKN 1 Baureno Bojonegoro. Berdasarkan observasi muncul permasalahan selama pembelajaran daring. Siswa mengeluhkan kurang pahamnya terhadap materi yang dibagikan dan kurangnya minat siswa dalam mengerjakan tugas-tugas yang diberikan. Pada mata pelajaran teknik pengolahan audio dan video (TPAV) siswa menjadi kurang aktif dalam membaca dan juga mengerjakan tugas/proyek yang ditugaskan hal ini disebabkan karena materi hanya dibagikan tanpa ada penjelasan serta kurangnya waktu pengerjaan tugas yang diberikan. Dari penuturan salah satu siswa mengharapkan sebuah metode pembelajaran baru yang dapat membantu siswa dalam mengurangi permasalahan selama pembelajaran daring. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model Team Based Project terhadap hasil belajar mata pelajaran Teknik Pengolahan Audio dan Video. Metode yang digunakan yaitu metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experimental Design. Subjek dari penelitian ini yaitu siswa kelas XII multimedia yang sedang menempuh mata pelajaran TPAV. Tahap pertama penelitian mengembangkan instrumen penelitian yang terdiri dari perangkat pembelajaran dan instrumen ukur kemudian akan dilakukan uji validitas dan reliabilitas menggunakan data uji coba terhadap responden selain subjek penelitian sehingga validasi instrumen yang dapat digunakan dalam implementasi penelitian. Desain yang digunakan dalam penelitian yaitu Pretest-posttest control group desain analisis yang digunakan uji normalitas menggunakan data pretest yang di lakukan sebelum pembelajaran dimulai. Selanjutnya kelas eksperimen menggunakan team based project sebagai model pembelajarannya sedangkan kelas kontrol menggunakan model discovery learning. Setelah pembelajaran selesai data posttest dan motivasi akan diambil kemudian akan diuji menggunakan uji t. Hasil penelitian setelah dilakukan analisis data menunjukkan (1) penerapan model team based project dapat meningkatkan hasil belajar kelas eksperimen sebesar 29 63. (2) penerapan model team based project dinilai lebih efektif diterapkan pada mata pelajaran TPAV didasari peningkatan hasil belajar dan motivasi siswa yang lebih tinggi yaitu 82 6%. Saran untuk kedepannya model team based project dapat digunakan dalam proses pembelajaran baik daring maupun tatap muka serta pengorganisasian kelompok perlu ditinjau ulang dalam pemilihan anggota.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Mar 2021 04:29 |
Last Modified: | 14 Aug 2023 04:02 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/198374 |
Actions (login required)
View Item |