Pengembangan media interaktif android bermuatan flipped classroom pada mata pelajaran desain grafis percetakan untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa di smk malang / Dian Afifah Ayu Indah Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media interaktif android bermuatan flipped classroom pada mata pelajaran desain grafis percetakan untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa di smk malang / Dian Afifah Ayu Indah Sari

Sari, Dian Afifah Ayu Indah Sari (2021) Pengembangan media interaktif android bermuatan flipped classroom pada mata pelajaran desain grafis percetakan untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa di smk malang / Dian Afifah Ayu Indah Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Desain Grafis Percetakan merupakan salah satu mata pelajaran produktif jurusan Multimedia. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi dari beberapa sekolah proses pembelajaran di SMK Malang dalam kondisi Covid-19 saat ini dilakukan secara daring dengan menggunakan media pembelajaran seperti zoom meeting power point PDF word youtube dan google classroom. Namun media pembelajaran yang digunakan untuk mendukung pembelajaran kurang bervariasi sehingga perlu dikembangkan untuk mendukung proses pembelajaran. Pada kondisi seperti ini kemandirian belajar menjadi aspek penting yang harus dimiliki siswa demi mencapai kompetensi secara optimal. Dengan adanya tuntutan belajar mandiri siswa menjadi kurang termotivasi untuk belajar. Sebagian besar siswa menggunakan smartphone berbasis android. Media interaktif android menjadi perantara penyampaian materi yang dirancang dengan memanfaatkan suara gambar dan text untuk menyampaikan suatu pesan sehingga pengguna dapat merespon secara aktif. Media pembelajaran yang menarik mudah dipahami dan interaktif serta dapat digunakan di smartphone dibutuhkan agar dapat meningkatkan motivasi siswa dalam kondisi seperti ini. Tujuan pengembangan ini adalah mengetahui bagaimana gambaran media mengembangkan media mengetahui kelayakan media dan mengetahui pengaruh media terhadap motivasi belajar siswa. Metode penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R amp D). Pengembangan media interaktif android menggunakan model flipped classroom dan menghasilkan fitur berupa 1) Kompetensi Dasar 2) Tujuan Pembelajaran 3) Materi 4) Kuis 5) Panduan dan 6) Profil pengembang. Hasil validasi ahli media menunjukkan 99 04% dengan kriteria sangat valid dan validasi ahli materi mendapat skor 91 99% dengan kriteria sangat valid. Hasil uji coba kelompok kecil didapat skor 88 1% dengan kriteria sangat valid sedangkan kelompok besar mendapat skor 88 56% dengan kriteria sangat valid. Hasil motivasi belajar siswa pada saat pre-motivasi didapat sebesar 76 40% dengan kriteria ldquo tinggi rdquo dan post-motivasi mengalami kenaikan sebesar 12 53% didapat skor sebesar 88 93% dengan kriteria ldquo tinggi rdquo .

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/198344

Actions (login required)

View Item View Item