Hubungan antara kemandirian belajar dan interaksi sosial teman sebaya dengan perilaku prokrastinasi siswa smk negeri di kota malang / Muhammad Shafwan - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara kemandirian belajar dan interaksi sosial teman sebaya dengan perilaku prokrastinasi siswa smk negeri di kota malang / Muhammad Shafwan

Shafwan, Muhammad Shafwan (2021) Hubungan antara kemandirian belajar dan interaksi sosial teman sebaya dengan perilaku prokrastinasi siswa smk negeri di kota malang / Muhammad Shafwan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Siswa SMK dipersiapkan sejak awal dengan keahlian khusus sehingga mampu terjun langsung dalam persaingan dunia kerja. Akan tetapi dalam proses belajar mengajar didapati identifikasi permasalahan khususnya di SMK Cendika Bangsa Kepanjen terdapat tiga permasalahan yaitu (1) sejumlah 15 dari 35 siswa melakukan penundaan dalam mengerjakan tugas akademik (2) sebagian besar siswa belum memiliki inisiatif untuk mandiri dalam mencari referensi pelajaran dan (3) interaksi antar siswa cenderung tidak membahas pelajaran. Perilaku prokrastinasi siswa berdampak terhadap proses pembelajaran dan tidak tercapainya tujuan pembelajaran dengan maksimal. Perilaku ini dapat dikurangi dengan meningkatkan kemandirian belajar siswa dan interaksi sosial teman sebaya. Kemandirian belajar merupakan kesadaran akan pentingnya belajar hal ini akan menumbuhkan motivasi dalam belajar. Interaksi sosial teman sebaya merupakan interaksi antara siswa dengan siswa lainnya yang didalamnya terdapat hubungan yang saling mempengaruhi. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kemandirian belajar (X1) interaksi sosial teman sebaya (X2) dan perilaku prokrastinasi akademik (Y) (2) mengungkapkan signifikansi dan hubungan X1 dengan Y (3) mengungkapkan signifikansi dan hubungan X2 dengan Y dan (4) mengungkapkan signifikansi dan hubungan X1 dan X2 dengan Y. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan desain penelitian deskriptif korelasional dan menggunakan pendekatan ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMKN kota malang jurusan multimedia kelas sepuluh sejumlah 321 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 180 siswa. Teknik sampling yang di gunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan bantuan aplikasi SPSS versi 20 untuk windows. Hasil penelitian mengungkap bahwa kemandirian belajar dan Interaksi sosial teman sebaya siswa SMK jurusan multimedia SMKN kota Malang dalam kategori tinggi sedangkan perilaku prokrastinasi dalam kategori rendah. Terdapat hubungan yang negatif dan signifikan antara X1 dengan Y. Terdapat hubungan yang negatif dan signifikan antara X2 dengan Y. Terdapat hubungan yang negatif dan signifikan antara X1 dan X2 dengan Y. Kedua variabel bebas memberikan pengaruh yang signifikan terhadap variabel terikat sebesar 36 9%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/198340

Actions (login required)

View Item View Item