Interactive learning mobile media dengan pendekatan project based learning untuk meningkatkan motivasi belajar pemrograman berorientasi objek bagi siswa kompetensi rpl di smk malang / Azizah Tri Novanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Interactive learning mobile media dengan pendekatan project based learning untuk meningkatkan motivasi belajar pemrograman berorientasi objek bagi siswa kompetensi rpl di smk malang / Azizah Tri Novanti

Novanti, Azizah Tri Novanti (2021) Interactive learning mobile media dengan pendekatan project based learning untuk meningkatkan motivasi belajar pemrograman berorientasi objek bagi siswa kompetensi rpl di smk malang / Azizah Tri Novanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kegiatan proses pembelajaran sangat membutuhkan media pembelajaran untuk menunjang kegiatan belajar mengajar di kelas. Media pembelajaran yang digunakan sebaiknya memudahkan siswa dan dapat berinteraksi dengan penggunanya. Pada mata pelajaran Pemrograman Berorientasi Objek siswa sulit memahami materi dengan baik karena sumber belajar yang memiliki penyampaian materi cukup rumit. Oleh karena itu diperlukan suatu media pembelajaran interaktif yang mempermudah penyampaian materi. Saat ini penggunaan smartphone di kalangan siswa sekolah menengah cukup banyak namun pemanfaatan smartphone sebagai media penyampaian materi masih minim digunakan. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah interactive learning mobile media pada mata pelajaran Pemrograman Berorientasi Objek yang ditujukan kepada siswa SMK program keahlian RPL serta menguji kelayakan interactive learning mobile media pada mata pelajaran Pemrograman Berorientasi Objek terhadap motivasi belajar siswa SMK program keahlian RPL. Media ini dikembangkan menggunakan pendekatan project based learning. Metode yang digunakan dalam pengembangan interactive learning mobile media ini menggunakan metode R amp D (Research and Development) yang dikembangkan oleh Sugiyono dengan sepuluh tahap Hasil validasi oleh ahli media memiliki nilai 91 13% sedangkan validasi oleh ahli materi memperoleh nilai 85 83%. Uji kelayakan produk oleh uji coba kelompok kecil mencapai 86 14% sedangkan uji coba kelompok besar mencapai 85 20%. Berdasarkan hasil validasi dan uji coba kelayakan yang telah dilakukan maka dapat dikatakan bahwa media pembelajaran interaktif layak digunakan dalam proses pembelajaran. Rata ndash rata motivasi siswa sebelum menggunakan media pada uji coba kelompok kecil menunjukkan nilai 63 99%. Setelah menggunakan media rata ndash rata motivasi yang diperoleh nilai 86 90%. Rata -rata perhitungan motivasi siswa sebelum menggunakan media pada uji coba kelompok besar menunjukkan nilai sebesar 55 00%. Setelah menggunakan media rata ndash rata motivasi yang diperoleh sebesar 82 14. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran interaktif dapat membantu meningkatkan motivasi siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/198332

Actions (login required)

View Item View Item