Perbandingan model pembelajaran challenge based learning (cbl) dan model pembelajaran guided inquiry terhadap hasil belajar komputer dan jaringan dasar siswa kelas x tkj di smkn 11 malang / Mohammad Niko - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbandingan model pembelajaran challenge based learning (cbl) dan model pembelajaran guided inquiry terhadap hasil belajar komputer dan jaringan dasar siswa kelas x tkj di smkn 11 malang / Mohammad Niko

Niko, Mohammad Niko (2021) Perbandingan model pembelajaran challenge based learning (cbl) dan model pembelajaran guided inquiry terhadap hasil belajar komputer dan jaringan dasar siswa kelas x tkj di smkn 11 malang / Mohammad Niko. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Niko Mohammad. 2021. Perbandingan Model Pembelajaran Challenge Based Learning (CBL) dan Model Pembelajaran Guided Inquiry Terhadap Hasil Belajar Komputer dan Jaringan Dasar Siswa Kelas X TKJ di SMK Negeri 11 Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Ir. Syaad Patmanthara M.Pd. (II) Gres Dyah Kusuma Ningrum S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Challenge Based Learning (CBL) Guided Inquiry Hasil Belajar Pandemi Covid-19 serta penyebaran virus corona memberikan tantangan tersendiri bagi lembaga pendidikan dan memaksa pelaku pendidikan untuk mengubah pola pembelajaran daring yang awalnya pembelajaran tatap muka. Proses belajar mengajar yang berlangsung sangat perlu diperhatikan untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Challenge Based Learning (CBL) dan Guided Inquiry untuk mengetahui ranah kognitif mengetahui perbedaan kedua ranah antara Challenge Based Learning (CBL) dan Guided Inquiry yang merupakan tujuan dari penelitian yang sudah dilaksanakan. Dalam kegiatan observasi didapatkan siswa cenderung diam ketika mendapat instruksi untuk mengerjakan tugas meskipun kenyataannya mereka memang belum paham tentang konsep materi. Sebagian siswa juga melakukan aktivitas yang tidak berhubungan dengan pembelajaran. Jika dibiarkan maka siswa menjadi individu yang pasif sehingga menganggu proses pembelajaran. Ditemukan nilai hasil belajar kurang yang menjadi latar belakang pada penelitian ini. Challenge Based Learning (CBL) merupakan suatu kerangka yang tersusun efisien dan efektif dalam belajar sambil memecahkan suatu tantangan pembelajaran. Kerangka ini kolaborasi dalam mengidentifikasi suatu ide besar mengajukan pertanyaan yang bijaksana dan menyelesaikan tantangan. Challenge Based Learning (CBL) membantu siswa mendapatkan pengetahuan yang mendalam dan mengembangkan keterampilan. Guided Inquiry adalah suatu kerangka pembelajaran mengutamakan keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran penemuan dan hubungan antar pemahaman materi dimana siswa membuat sendiri langkah penyelidikan dengan melibatkan aktivitas kegiatan yang sangat aktif sedangkan pendidik lebih banyak mendampingi serta mengarahkan kegiatan siswa. Sesuai hasil penelitian diperoleh data analisis terhadap hasil pengujian sehingga nilai hasil pembelajaran ranah kognitif meningkat secara signifikan dengan menggunakan Challenge Based Learning (CBL) dan juga Guided Inquiry.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/198329

Actions (login required)

View Item View Item