Pengembangan media pembelajaran berbasis mobile dengan model pembelajaran problem based learning (pbl) pada mata pelajaran basis data siswa kelas XI jurusan RPL / Olivia Fioren Tania - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbasis mobile dengan model pembelajaran problem based learning (pbl) pada mata pelajaran basis data siswa kelas XI jurusan RPL / Olivia Fioren Tania

Tania, Olivia Fioren (2021) Pengembangan media pembelajaran berbasis mobile dengan model pembelajaran problem based learning (pbl) pada mata pelajaran basis data siswa kelas XI jurusan RPL / Olivia Fioren Tania. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Saat ini proses pembelajaran mengalami berbedaan yang sangat signifikan akibat adanya pandemi covid-19. Segala jenis pembelajaran dilakukan secara daring (dalam jaringan). Pembelajaran daring yang harus dilakukan secara online ini tidak berbeda dengan kegiatan pembelajaran di SMK Negeri 12 Malang. Sesuai hasil observasi dimana pembelajaran dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi whatsapp dan shy e-learning. Hal ini menyebabkan perubahan norma belajar peserta didik dimana peserta didik dituntut lebih mandiri. Oleh karena itu untuk memudahkan perubahan pembelajaran perlu adanya seni manajemen belajar yang bisa mempermudah peserta didik untuk mengerti tentang konsep belajar serta relevansinya dalam serta dapat menerapkanya secara lebih kritis dan mandiri karena pembelajaran dilakukan dari rumah. Pada mata pelajaran basis data dimana pembelajaran pada mata pelajaran ini belum mencapai kriteria dalam penilaian mata pelajaran basis. Sehingga perlu adanya proses pembelajaran melalui pembelajaran inovatif progresif serta kontekstual sehingga media pembelajaran menjadi menarik inovatif dan menyenangkan. Sehingga model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dimanfaatkan agar peserta didik lebih bisa menanamkan konsep teori informasi serta dapat menerapkan materi pada berbagai jenis permasalahan yang ada. Selain itu media pembelajaran mobile sesuai dengan perkembangan remaja sehingga dimanfaatkan agar menarik peserta didik dalam belajar di situasi peralihan pembelajaran saat ini. Media pembelajaran ngueryuk yang dikembangkan telah melalui validasi dari ahli materi dan ahli media dan sudah dilakukan pengujian oleh pengguna kelompok kecil dan kelompokk besar. Hasil validasi serta pengujian media pembelajaran ini menerima hasil persentase dari ahli materi sebesar 92 86% dan dari ahli media menerima hasil persentase sebesar 92 13%. Selanjutnya hasil dari pengujian kelompok kecil menerima hasil persentase sebesar 82 86% dan dari pengujian kelompok besar menerima hasil persentase sebesar 84 13%. Dari keseluruhan hasil persentase yang diperoleh maka secara ukuran kriteria yang diadaptasi dari Akbar (2013) kriteria kelayakan dan keefektifan dari media pembelajaran berbasis mobile mata pelajaran basis data dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) termasuk kategori layak dengan uraian kriteria sangat valid sangat efektif sangat tuntas dapat digunakan tanpa revisi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Feb 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/198322

Actions (login required)

View Item View Item