Perbedaan penggunaan media aplikasi google classroom dan media konvensional terhadap hasil belajar mata pelajaran estimasi biaya konstruksi siswa program keahlian teknologi dan properti di SMKN 1 Blitar / Singtia Indah Suwari - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan penggunaan media aplikasi google classroom dan media konvensional terhadap hasil belajar mata pelajaran estimasi biaya konstruksi siswa program keahlian teknologi dan properti di SMKN 1 Blitar / Singtia Indah Suwari

Suwari, Singtia Indah (2021) Perbedaan penggunaan media aplikasi google classroom dan media konvensional terhadap hasil belajar mata pelajaran estimasi biaya konstruksi siswa program keahlian teknologi dan properti di SMKN 1 Blitar / Singtia Indah Suwari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Suwari Singtia Indah. 2021. Perbedaan Penggunaan Media Aplikasi Google Classroom dengan Media Konvensional Terhadap Hasil Belajar Mata pelajaran Estimasi Biaya Kontruksi Siswa Program Keahlian Teknologi dan Properti Di SMKN 1 Blitar. Skripsi Pendidikan Teknik Bangunan Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Sutrisno S.T. M.Pd. (II) Mohammad Musthofa Al Ansyorie S.Pd M.Pd. Penelitian ini didasarkan pada hasil observasi di SMKN 1 Blitar dimana kurangnya pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi pada pembelajaran. Hampir kebanyakan menggunakan media konvensional namun hasil belajar yang didapatkan masih kurang optimal maka SMKN 1 Blitar memiliki potensi untuk dilakukan penelitian penggunaan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa yang menggunakan media aplikasi Google Classroom dengan media konvensional yang nantinya dapat menjadi solusi untuk mengatasi hasil belajar siswa yang kurang optimal. Metode penelitian ini menggunakan kuasi eksperimen yang memiliki tujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar estimasi biaya yang menggunakan media google classroom dan media konvensional. Metode ini hanya menggunakan 4 tahapan langkah pertama yaitu memberikan pretest pada masing-masing kelas kedua pengumpulan data tahap awal yang ketiga perlakuan dan yang terakhir adalah memberikan posttest pada masing-masing kelas untuk dilihat perbedaannya. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan yang signifikan antara penggunaan media pembelajaran berbasis aplikasi Google Classroom dengan media konvensional. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis data yang telah diperoleh menggunakan software SPSS 22 yaitu hasil belajar siswa yang menggunakan media aplikasi Google Classroom meningkat pesat rata-rata hasil pretest siswa adalah 45 19 namun setelah diterapkannya penggunaan media aplikasi google classroom rata-rata hasil yang diperoleh adalah 70 29. Untuk hasil belajar siswa yang menggunakan media konvensional menunjukkan nilai rata-rata pretest dan posttest masing-masing 46 67 dan 60 69. Saran untuk penelitian ini yakni untuk lebih menambahkan indikator lain yang mempengaruhi hasil belajar seperti nilai hasil ujian tengah semester dan nilai hasil akhir semester sebagai perbandingan sehingga memiliki pengaruh yang lebih besar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Feb 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/198312

Actions (login required)

View Item View Item