Pengembangan e-modul pembelajaran mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan sekolah menengah kejuruan model project-based learning / Isna Khofifah Damayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-modul pembelajaran mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan sekolah menengah kejuruan model project-based learning / Isna Khofifah Damayanti

Damayanti, Isna Khofifah Damayanti (2021) Pengembangan e-modul pembelajaran mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan sekolah menengah kejuruan model project-based learning / Isna Khofifah Damayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan wawancara pada pembelajaran produk kreatif dan kewirausahaan di SMK Pekerjaan Umum Malang ditemukan permasalahan terkait dengan minimnya ketersediaan bahan ajar elektronik yang sesuai dengan kompetensi dasar. Permasalahan itu timbul ketika kurang adanya media pembelajaran pada mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan sehingga siswa kesulitan untuk mencari sumber belajar yang terstruktur dan sesuai dengan kompetensi dasar yang akan dicapai. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk merancang dan mengambangkan sebuah e-modul pembelajaran serta menguji kelayakan e-modul pembelajaran mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan dengan model project-based learning untuk sekolah menengah kejuruan yang layak digunakan dalam proses pembelajaran. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model pengembangan Reserch and Development (R amp D) sugiyono yang telah dimodifikasi menjadi lima tahap meliputi potensi dan masalah pengumpulan data desain produk validasi desain dan revisi produk. Penelitian ini menghasilkan sebuah produk e-modul pembelajaran model project-based learning. Dengan hasil validasi ahli media mendapatkan presentase sebesar 82 98% dapat dikatakan layak dan berdasarkan hasil ahli materi mendapatkan presentase sebesar 82 30% dapat dikatakan layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Pada proses uji coba kelompok kecil didapatkan skor presentase sebesar 88 13% dapat dikatakan sangat layak. Berdasarkan hasil yang didapatkan penelitian ini dapat dikatakan valid. Sehingga e-modul pembelajaran yang telah dikembangkan sudah layak untuk digunakan sebagai bahan ajar dalam menunjang proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/198293

Actions (login required)

View Item View Item