Persepsi siswa dan guru tentang implementasi nilai karakter pada masa pembelajaran daring di program keahlian bisnis konstruksi dan properti smk negeri 1 bendo kabupaten magetan / Dini Saraswati - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi siswa dan guru tentang implementasi nilai karakter pada masa pembelajaran daring di program keahlian bisnis konstruksi dan properti smk negeri 1 bendo kabupaten magetan / Dini Saraswati

Saraswati, Dini Saraswati (2021) Persepsi siswa dan guru tentang implementasi nilai karakter pada masa pembelajaran daring di program keahlian bisnis konstruksi dan properti smk negeri 1 bendo kabupaten magetan / Dini Saraswati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Peningkatan paparan virus corona (SARS-coV-2) di Indonesia sejak Maret 2020 membuat Kemendikbud mengeluarkan kebijakan pembelajaran daring. Hal ini menyebabkan pelaksanaan pendidikan karakter bagi siswa terganggu. Perubahan pelaksanaan pendidikan karakter yang mengikuti pembelajaran daring memberi pengalaman baru bagi siswa dan guru. Hal tersebut menimbulkan adanya persepsi yang mungkin berbeda dari siswa dan guru. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan mengetahui perbedaan persepsi siswa dan guru tentang implementasi nilai karakter di tengah pemberlakuan pembelajaran daring di Program Keahlian Bisnis Konstruksi dan Properti SMK Negeri 1 Bendo Kabupaten Magetan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Menggunakan teknik Simple Random Sampling dengan menyebarkan instrumen kuesioner. Populasi berjumlah 66 siswa dan 5 guru dari Program Keahlian Bisnis Konstruksi dan Properti SMK Negeri 1 Bendo. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan pengujian t-independen. Hasil penelitian menunjukkan (1) persepsi siswa memperoleh persentase sebesar 62 5% termasuk dalam kategori ldquo Sedang rdquo . Dengan hasil 7 indikator yaitu nilai kreatif santun tanggung jawab teliti dan cermat kerjasama percaya diri kedisiplinan masuk dalam kategori ldquo Sedang rdquo dan 1 indikator nilai kerja keras masuk dalam kategori ldquo Tinggi rdquo . (2) persepsi guru memperoleh persentase sebesar 60% termasuk dalam kategori ldquo Sedang rdquo . Dengan hasil semua indikator nilai karakter masuk dalam kategori ldquo Sedang rdquo (3) hasil uji t memperoleh nilai t 0 645 dan hasil signifikansi 0 523 gt 0 05. Sehingga menunjukkan Ha diterima yaitu tidak terdapat perbedaan persepsi antara siswa dan guru tentang implementasi nilai karakter dalam pembelajaran daring.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/198292

Actions (login required)

View Item View Item