Pengembangan media pembelajaran berbasis computer based instruction pada mata pelajaran gambar teknik kelas x SMK Antartika 1 Sidoarjo / Hasanuddin Achmat - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbasis computer based instruction pada mata pelajaran gambar teknik kelas x SMK Antartika 1 Sidoarjo / Hasanuddin Achmat

Achmad, Hasanuddin (2021) Pengembangan media pembelajaran berbasis computer based instruction pada mata pelajaran gambar teknik kelas x SMK Antartika 1 Sidoarjo / Hasanuddin Achmat. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Di Indonesia perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dari tahun ke tahun semakin maju. Dilihat dari sektor pendidikan baik itu pendidikan formal maupun pendidikan non formal dari setiap tahunnya selalu mengalami banyak inovasi. Saat ini teknologi komputer tidak lagi hanya digunakan sebagai sarana komputasi dan pengolahan kata (word processor) tetapi juga sebagai sarana belajar yang memungkinkan peserta didik membuat desain dan rekayasa suatu konsep dari ilmu pengetahuan. Guna mewujudkan pembelajaran berbasis student center dengan efektif dan efisien tentu perlu dibantu dengan adanya media pembelajaran. Media pembelajaran yang mampu menimbulkan minat peserta didik dalam belajar itulah yang akan menunjang peserta didik dalam pembelajaran berbasis student center. Media memiliki peran penting meningkatkan prestasi siswa dalam pembelajaran. Pengembangan media pembelajaran dalam mata pelajaran gambar teknik dapat membantu proses belajar peserta didik. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian pengembangan (Research and Development/RD). Populasi pada penelitian ini adalah 25 siswa kelas X SMK Antartika 1 Sidoarjo. Model pengembangan yang digunakan adalah model prosedural yang diadaptasi dari model pengembangan desain instruksional menurut Dick amp Carey dan model penelitian pengembangan menurut Borg amp Gall. Melalui wawancara peneliti menemukan potensi bahwa siswa kelas X SMK Antartika 1 Sidoarjo telah memiliki keterampilan dalam mengoperasikan komputer. Sekolah ini juga difasilitasi dengan adanya ruang komputer tetapi belum dimanfaatkan sebagai sarana belajar mengajar selain mata pelajaran tertentu. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan uji Paired sample t-test. Dari hasil pengujian menggunakan uji Paired sample t-test diperoleh hasil data t hitung (5.682) gt t tabel (2.09302405) atau p value (0.00) lt 0.05 (95% kepercayaan) yang artinya terdapat perbedaan hasil belajar Gambar Teknik materi AutoCAD sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran Computer based instruction.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jan 2021 04:29
Last Modified: 13 Dec 2022 07:24
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/198288

Actions (login required)

View Item View Item