Pengaruh variasi bahan muffler terhadap kebisingan pada mesin empat cylinder 1500 cc / Magfor Hidayat - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh variasi bahan muffler terhadap kebisingan pada mesin empat cylinder 1500 cc / Magfor Hidayat

Hidayat, Magfor Hidayat (2021) Pengaruh variasi bahan muffler terhadap kebisingan pada mesin empat cylinder 1500 cc / Magfor Hidayat. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hidayat Magfor 2021. Pengaruh Variasi bahan Muffler terhadap kebisingan pada mesin empat Cylinder 1500 cc Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Marji M.Kes (2) Drs. Paryono S. T M.T. Kata Kunci Variasi bahan Mufflerstainless steel Galvanis Titanium Kebisingan Penggunaan material logam yang berbeda akan menghasilkan tingkat kebisingan yang berbeda. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui perbedaan tingkat kebisingan variasi muffler knalpot dengan bahan stainless steel Galvanis dan Titanium pada mobil Jazz i-DSI. Kebisingan merupakan bunyi atau suara yang tidak dikehendaki. Muffler adalah perangkat yang digunakan untuk mengurangi kebisingan yang ditimbulkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimental semu. Rancangan penelitian ini menggunakan desain penelitian posttest-only control group design. Subyek dalam penelitian ini yaitu mobil Jazz i-DSI tahun 2005 dan obyek dalam penelitian ini adalah muffler standar muffler stainless steel muffler galvanis dan muffler titanium. Dalam penelitian ini menggunakan analisis paired sample T-test. Pengambilan data dilakukan pada putaran 2000 rpm dengan kelipatan 1000 rpm. Hal ini dilakukan untuk memastikan data yang diperoleh valid. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan diperoleh tingkat kebisingan tertinggi muffler knalpot standar adalah 90 94 dB muffler stainless steel 90 28 dB muffler galvanis 92 84 dB dan muffler titanium 91 82 dB. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa pertama terdapat perbedaan tingkat kebisingan antara muffler standar dan muffler stainless steel kedua terdapat perbedaan tingkat kebisingan antara muffler standar dan muffler galvanis dan yang ketiga terdapat perbedaan tingkat kebisingan antara muffler standar dan muffler titanium.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/198276

Actions (login required)

View Item View Item