Pengaruh pemahaman kompetensi guru profesional terhadap kinerja guru di SMKN 12 Malang / Satria Driyantama - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pemahaman kompetensi guru profesional terhadap kinerja guru di SMKN 12 Malang / Satria Driyantama

Driyantama, Satria (2021) Pengaruh pemahaman kompetensi guru profesional terhadap kinerja guru di SMKN 12 Malang / Satria Driyantama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kinerja guru dipengaruhi oleh faktor eksternal dan faktor internal. Dalam penetian ini salah satu faktor yang memengaruhi kinerja guru yaitu kompetensi profesional. Kompetensi profesional merupakan kemampuan seorang guru dalam proses penyelesaian tugas-tugas guru sebagai pendidik serta penguasaan materi secara luas dan mendalam yang bertujuan untuk mendidik peserta didik sedangkan kinerja guru merupakan pencapaian seorang guru dalam proses belajar mengajar disekolah secara kualitas dan kuantitas yang dicapai oleh seorang guru dalam melaksanakan tugasnya. Dalam hal ini perencanaan pembelajaran penguasaan bahan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran belum optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh tentang kompetensi guru profesional terhadap kinerja guru di SMKN 12 Malang. Penelitian ini merupakan penelitian deskripstif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru SMKN 12 Malang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskripstif dan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan jika kompetensi profesional memengaruhi kinerja guru di SMKN 12 Malang. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan jika variabel kompetensi profesional memengaruhi kinerja guru secara kuat karena nilai koefisien korelasinya sebesar 0 588 sedangkan menurut perhitungan koefisien determinasi didapatkan pengaruh sebesar 58 8% anatar variabel kompetensi profesional dan kinerja guru. Oleh karena itu dapat disimpulkan jika Pemahaman Tentang Kompetensi Profesional Berpengaruh Signifikan Terhadap Kinerja Guru di SMKN 12 Malang. Kompetensi profesional berpengaruh terhadap kinerja guru di SMKN 12 Malang. Oleh karena itu disarankan bagi bapak/ibu guru SMKN 12 Malang agar selalu meningkatkan kompetensi profesional saat merencanakan pembelajaran pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran pada saat proses belajar mengajar berlangsung khususnya dalam bidang IT guna memudahkan siswa dalam menerima materi pelajaran dalam masa pandemi yang dilakukan secara daring. Kepala sekolah hendaknya terus memantau dan memberikan masukan agar guru senantiasa meningkatkan kinerjanya serta memberikan kesempatan dalam mengembangkan karir dan kreatifitasnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Dec 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/198271

Actions (login required)

View Item View Item