Pengembangan media pembelajaran mandiri berbentuk video pokok nahasan listrik dinamis menggunakan camtasia untuk siswa SMA / Zulfikar Fahmi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran mandiri berbentuk video pokok nahasan listrik dinamis menggunakan camtasia untuk siswa SMA / Zulfikar Fahmi

Zulfikar (2012) Pengembangan media pembelajaran mandiri berbentuk video pokok nahasan listrik dinamis menggunakan camtasia untuk siswa SMA / Zulfikar Fahmi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci pengembangan video. video pembelajaran mandiri camtasia microsoft powerpoint listrik dinamis penguasaan konsep Permasalahan yang terjadi pada saat proses pembelajaran adalah penguasaan materi siswa seringkali kurang pada saat berada di tingkat akhir. Permasalahan juga dialami oleh guru pengajar yang kesulitan untuk mengejar kekurangan penguasaan materi siswa. Pengembangan media pembelajaran di sekolah khususnya dalam pembelajaran fisika saat ini berkembang cukup pesat. Berdasarkan permasalahan dan perkembangan media yang cukup pesat maka dibuatlah produk pengembangan media pendamping berbentuk video tutorial menggunakan camtasia. Video tutorial tersebut dikembangkan dengan harapan agar siswa bisa mempelajari sendiri materi yang telah diberikan. Pengembangan video pembelajaran mandiri jarang sekali dilakukan terlebih oleh guru sehingga peneliti ingin mengembangkan produk video pembelajaran yang bisa dipelajari secara mandiri oleh siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan desain penelitian yang memodifikasi dari langkah pengembangan 4D dari thiagarajan (1974) menjadi 3D yaitu (1) Define yang terdiri dari analisis gerbang depan analisis pembelajar analisis tugas analisis konsep dan spesifikasi tujuan insruksional (2) Design yang terdiri dari pembentukan tes kriteria pemilihan media pemilihan format dan pembuatan prototype dan (3) Development yang terdiri dari validasi produk uji coba produk dan revisi produk. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dengan disertai rubrik. Jenis data penelitian terdiri dari data kuantitatif berupa penilaian dari validator dan data kualitatif berupa komentar dan saran dari validator. Produk akhir penelitian ini adalah Video pembelajaran mandiri materi listrik dinamis untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa SMA. Secara keseluruhan produk akhir yang dihasilkan sudah memenuhi kriteria layak. Berdasarkan analisis data kualitatif dari validator terdapat beberapa bagian produk yang harus direvisi. Hal ini dilakukan untuk mengoptimalkan pengembangan video pembelajaran mandiri materi listrik dinamis untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa SMA.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Oct 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/19825

Actions (login required)

View Item View Item