Penerapan pembelajaran blended learning untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar mata pelajaran sistem pengapian pada siswa kelas xii tkr 2 di smk negeri 6 malang / Bakhtiar Ganda Saputra - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran blended learning untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar mata pelajaran sistem pengapian pada siswa kelas xii tkr 2 di smk negeri 6 malang / Bakhtiar Ganda Saputra

Saputra, Bakhtiar Ganda Saputra (2021) Penerapan pembelajaran blended learning untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar mata pelajaran sistem pengapian pada siswa kelas xii tkr 2 di smk negeri 6 malang / Bakhtiar Ganda Saputra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Blended learning adalah strategi pembelajaran yang menggabungkan antara pembelajaran secara daring dengan pembelajaran tatap muka di kelas. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk peningkatan motivasi belajar siswa dan hasil belajar siswa dalam penerapan strategi pembelajaran Blended Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan tindakan pengamatan dan refleksi. Penelitiam dilaksanakan di kelas XII TKR SMK Negeri 6 Malang. Pengumpulan data menggunakan metode tes dan angket respon siswa. Analisis data menggunakan tekni kualitatif. Hasil penelitian sebagai berikut (1)motivasi belajar siswa setelah penerapan Blended Learning mengalami peningkatan. Peningkatan motivasi belajar peserta didik terlihat dari adanya peningkatan pada tiap siklusnya. Pada pra tindakan motivasi belajar siswa sebesar memiliki rata rata 69 51. Pada siklus I motivasi belajar siswa meningkat sebesar 81 77 pada siklus II motivasi belajar siswa meningkat menjadi 85.21. (2) hasil belajar siswa setelah penerapan Blended Learning mengalami peningkatan. hasil belajar peserta didik terlihat dari adanya peningkatan nilai rata-rata kelas dan ketuntasan belajar peserta didik pada tiap siklusnya. Nilai rata-rata kelas pada saat pra tindakan yaitu sebesar 59 61. Pada siklus I hasil belajar siswa meningkat sebesar 79.87 dan pada siklus II hasil belajar siswa meningkat menjadi 82.32. Ketuntasan belajar peserta didik pada saat pra tindakan 48.38% pada siklus I meningkat sebesar 77.41% meningkat pada siklus II menjadi 83 87%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/198248

Actions (login required)

View Item View Item