Pengaruh tinggi bukaan katup terhadap daya dan konsumsi bahan bakar pada mesin sepeda motor / FIRMINUS LADA - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh tinggi bukaan katup terhadap daya dan konsumsi bahan bakar pada mesin sepeda motor / FIRMINUS LADA

Lada, Firminus Lada (2021) Pengaruh tinggi bukaan katup terhadap daya dan konsumsi bahan bakar pada mesin sepeda motor / FIRMINUS LADA. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Firminus Lada. 2021. Pengaruh Tinggi Bukaan Katup Terhadap Daya dan Konsumsi Bahan Bakar Pada Mesin Sepeda Motor. Skripsi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs Sumarli M.Pd. M.T. (II) Drs. Partono M.Pd. Kata kunci Camshaft daya Konsumsi Bahan Bakar. Meningkatnya jumlah kendaraan bermotor dan maraknya modifikasi di kalangan masyarakat merupakan hal yang patut dibahas. Modifikasi yang dilakukan biasanya untuk meningkatkan kinerja sepeda motor. Oleh karena itu diperlukan cara untuk meningkatkan kinerja tanpa perlu melakukan banyak perubahan pada mesin.. Salah satu cara yaitu dengan cara mengubah dan memodifikasi untuk menaikan ukuran tinggi camshaft. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk dapat mengetahui dan menganalisa pengaruh tinggi bukaan katup ketika menggunakan camshaft hasil modifikasi terhadap kinerja sepeda motor dan konsumsi bahan bakar sepeda motor. Modifikasi ini yakni dengan menambahkan tinggi pada lobe camshaft dan pengurangan tinggi pada punggung camshaft dengan tujuan agar campuran udara dan bahan bakar yang masuk ke ruang bakar menjadi lebih banyak. Pengambilan data menggunakan alat uji Dynotest untuk mengetahui daya yang dihasilkan gelas ukur dan tacometer untuk mengukur konsumsi bahan bakar Yamaha Jupiter MX 135 LC Tahun 2007. Data yang didapat adalah presentase kenaikan daya sepeda motor serta perubahan konsumsi bahan bakar. Hasil yang didapat menunjukan bahwa terdapat perbedaan kenaikan daya yang signifikan dan juga peningkatan konsumsi bahan bakar pada sepeda motor dari hasil analisa dan penggunan camshaft modifikasi. Penggunaan camshaft modfikasi ini dapat dijadikan salah satu alternatif bagi pemilik kendaraan bermotor untuk meningkatkan performa mesin sepeda motor.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/198241

Actions (login required)

View Item View Item