Pengaruh variasi durasi camshaft terhadap daya dan efisiensi bahan bakar pada sepeda motor 4 langkah honda beat matic 110cc / Mochammad Syifa'uddin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh variasi durasi camshaft terhadap daya dan efisiensi bahan bakar pada sepeda motor 4 langkah honda beat matic 110cc / Mochammad Syifa'uddin

Syifa'uddin, Mochammad (2021) Pengaruh variasi durasi camshaft terhadap daya dan efisiensi bahan bakar pada sepeda motor 4 langkah honda beat matic 110cc / Mochammad Syifa'uddin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Syifa rsquo Uddin Mochammad. 2021. Pengaruh Variasi Durasi Camshaft Terhadap Daya dan Efisiensi Bahan Bakar Pada Sepeda Motor 4 Langkah Honda Beat Matic 110CC. Skripsi Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Sumarli M Pd M.T. (2) Paryono Drs. S.T. M.T. Kata kunci Variasi Durasi Camshaft Daya Konsumsi Bahan Bakar. Bidang otomotif (khususnya sepeda motor) berkembang semakin pesat dewasa ini yang mana juga diikuti oleh perkembangan dari berbagai komponen pendukungnya. Selain sebagai alat transportasi sepeda motor juga digunakan untuk kepentingan kompetisi performance atau untuk peningkatan daya mesin. Untuk menghasilkan sepeda motor dengan performa yang tinggi salah satunya yang paling penting adalah dengan melakukan modifikasi pada bagian engine. Modifikasi yang umum dilakukan adalah dengan melakukan pemasangan komponen yang terinspirasi oleh parts racing. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap pengaruh variasi durasi camshaft terhadap daya dan efisiensi bahan bakar pada sepeda motor 4 langkah Honda Beat Matic 110cc. Metode penelitian ini yang digunakan adalah metode quasi exsperiment dimana variabel bebasnya adalah penggunaan variasi durasi camshaft (Camshaft standard Camshaft 1 durasi ditambahkan 3 Camshaft 2 durasi dikurangi 3 ). Variabel terikatnya daya dan efisiensi bahan bakar (konsumsi bahan bakar). Data yang diambil mulai 4000 rpm hingga 8500 rpm dengan interval 500 rpm. Kemudian statistic parametric dengan menggunakan metode one way anova digunakan menganalisis data yang dibantu dengan SPSS 24 for windows. Berdasarkan data pengujian daya dari penggunaan camshaft standard menghasilkan output daya maksimal 8.24 HP pada rpm 8500 dan daya minimum 1.39 HP pada rpm 4000. Sedangkan camshaft 1 (ditambahkan 3 ) menghasilkan output daya maksimal 8.42 HP pada rpm 8500 dan daya minimum 1.37 HP pada rpm 4000. Untuk camshaft 2 (dikurangi 3 ) menghasilkan output daya maksimal 8.02 HP pada rpm 8500 dan daya minimum 1.44 HP pada rpm 4000. Data pengujian konsumsi bahan bakar dari penggunaan camshaft standard menghabiskan 7.8 ml pada rpm 4000 dan pada rpm 8500 menghabiskan 25.4 ml. Sedangkan camshaft 1 (durasi ditambahkan 3 ) menghabiskan 8.5 ml pada rpm 4000 dan pada rpm 8500 menghabiskan 26.3 ml. Untuk camshaft 2 (durasi dikurangi 3 ) menghabiskan 6.8 ml pada rpm 4000 dan pada rpm 8500 menghabiskan 22.1 ml. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh dari penggunaan camshaft standar camshaft 1 (ditambahkan 3 ) camshaft 2 (dikurangi 3 ) terhadap daya mesin dan konsumsi bahan bakar. Dapat disimpulkan tidak terdapat perbedaan daya dan konsumsi bahan bakar yang signifikan dari penggunaan camshaft standar camshaft 1 camshaft 2 pada Sepeda Motor Honda Beat Matic 110cc.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Feb 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/198240

Actions (login required)

View Item View Item