Pengaruh feedback whatsapp dan tatap maya dalam g-meet pada pembelajaran small group discussion terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMK / Nabela Ariana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh feedback whatsapp dan tatap maya dalam g-meet pada pembelajaran small group discussion terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMK / Nabela Ariana

Ariana, Nabela (2021) Pengaruh feedback whatsapp dan tatap maya dalam g-meet pada pembelajaran small group discussion terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMK / Nabela Ariana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemampuan berpikir tingkat tinggi merupakan kemampuan berpikir siswa level kognitif taksonomi Bloom. Implementasinya ialah siswa mampu melakukan problem solving yang didesain berdasar situasi nyata. Salah satu metode pembelajaran yang cocok dilakukaan di saat pandemi Covid-19 yaitu Small Group Discussion guna mendukung kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Pembelajaran daring yang dilakukan dapat menggunakan WhatsApp dan G-Meet yang familiar bagi masyarakat Indonesia. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dengan adanya penerapan feedback WhatsApp dan tatap maya dalam G-Meet sebagai salah satu alternatif pilihan pembelajaran online. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis instrumen tes dan non-tes pada mata pelajaran DPTM di SMKN 3 Boyolangu Tulungagung. Mata pelajaran DPTM ditempuh oleh 109 siswa kelas X TPM dan dilakukan penelitian terhadap 37 siswa sebagai sample uji coba dan 72 siswa sebagai sampel penelitian. Pengujian hipotesis yang digunakan yaitu independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan menganalisis kelas eksperimen 1 sebesar 63% mengevaluasi 58% dan mengkreasi 67%. Kelas eksperimen 2 memiliki kemampuan menganalisis sebesar 74% mengevaluasi 71% dan mengkreasi sebesar 81%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata shy post-test kelas X-TPM 3 sebesar 78 97 sedangkan kelas X-TPM 2 sebesar 68 08. Berdasar hasil penelitian tersebut maka penggunaan tatap maya dalam G-Meet pada pembelajaran Small Group Discussion memiliki pengaruh lebih tinggi daripada penggunaan feedback WhatsApp terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Dalam penerapan G-Meet yang memakan lebih banyak kuota daripada WhatsApp maka perlu adanya bantuan kuota penguatan sinyal di daerah-daerah serta membatasi screen time siswa guna mendukung kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/198211

Actions (login required)

View Item View Item