Penerapan model pembelajaran make a match modifikasi papan penggolongan dan mind mapping untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas xi ips 5 sma brawijaya smart school malang pada semester genap tahun ajaran 2017/2018 / NURUL ANNISAK - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran make a match modifikasi papan penggolongan dan mind mapping untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas xi ips 5 sma brawijaya smart school malang pada semester genap tahun ajaran 2017/2018 / NURUL ANNISAK

Annisak, Nurul Annisak (2020) Penerapan model pembelajaran make a match modifikasi papan penggolongan dan mind mapping untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas xi ips 5 sma brawijaya smart school malang pada semester genap tahun ajaran 2017/2018 / NURUL ANNISAK. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Annisak Nurul. 2020. ldquo Penerapan Model Pembelajaran Make a Match Modifikasi Papan Penggolongan dan Mind Mapping untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IPS-5 SMA Brawijaya Smart School Malang. Skripsi. Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Agung Haryono S.E. M.P. Ak Kata Kunci Make a Match Mind Mapping Keaktifan dan Hasil Belajar Hasil pengamatan yang dilakukan oleh peneliti saat pertama kali observasi diperoleh kondisi siswa kelas XI IPS-5 SMA BSS Malang cenderung pasif ramai dan bosan. Hal itu disebabkan oleh kurangnya inovasi pembelajaran dari guru sehingga mengakibatkan kondisi siswa tidak kondusif mengikuti pelajaran dan berdampak kepada rendahnya hasil belajar siswa. Peneliti ingin menerapkan model pembelajaran Make a Match modifikasi papan penggolongan dan Mind Mapping dalam mata pelajaran ekonomi karena peneliti yakin inovasi kedua model tersebut dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan sehingga siswa dapat dengan mudah menyerap materi belajar dan menjadi aktif mengikuti pembelajaran yang nantinya akan mempengaruhi hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitan ini adalah (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran Make a Match modifikasi papan penggolongan dan Mind Mapping pada mata pelajaran Ekonomi di kelas XI IPS 5 SMA Brawijaya Smart School Malang. (2) Bagaimana penerapan model pembelajaran Make a Match modifikasi papan penggolongan dan Mind Mapping dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi di kelas XI IPS 5 SMA Brawijaya Smart School Malang. (3) Bagaimana penerapan model pembelajaran Make a Match modifikasi papan penggolongan dan Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi di kelas XI IPS 5 SMA Brawijaya Smart School Malang. Pendekatan kualitatif digunakan sebab masalah yang diteliti membutuhkan pemaparan yang bersifat deskriptif. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas kelas XI IPS 5 SMA Brawijaya Smart School Malang. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes observasi catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah (1) Mengukur keaktifan siswa menggunakan lembar observasi keaktifan dan menganalisis dengan kriteria yang sudah peneliti tentukan. (2) Memberikan soal tes kepada siswa sebelum dan setelah proses pembelajaran. (3) Menilai hasil tes siswa kemudian dianalisis apakah siswa tersebut sudah tuntas atau belum dengan standar kelulusan yang digunakan berdasarkan kriteria ketuntasan minimum yang digunakan di SMA Brawijaya Smart School Malang mata pelajaran Ekonomi dan secara klasikal kelas dinyatakan tuntas apabila telah memenuhi ketuntasan lebih besar atau sama dengan 75%. (4) Mendekripsikan dengan kalimat kalimat untuk menjelaskan peningkatan aspek kognitif dari tiap siklus. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai dengan nilai KKM 75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa setelah melakukan penerapan model pembelajaran Make a Match modifikasi papan penggolongan dan Mind Mapping. Hal ini ditunjukkan dengan perolehan persentase hasil keaktifan siswa pada siklus I sebesar 65 5% dan meningkat pada siklus ke II sebesar 79 3%. Sedangkan hasil belajar siswa diperoleh nilai rata-rata post-test pada siklus I sebesar 82 7 dengan persentase ketuntasan sebesar 81 8% kemudian pada siklus II nilai rata-rata pre-test sebesar 90 dengan persentase ketuntasan sebesar 95%. Peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa yang mencapai ketuntasan dengan baik dipengaruhi oleh peningkatan keaktifan siswa sehingga hal tersebut menunjukkan keberhasilan dalam pelaksanaan model pembelajaran ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Dec 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/198199

Actions (login required)

View Item View Item