Pengaruh penggunaan smartphone, efikasi diri, dan dukungan sosial terhadap kinerja akademik mahasiswa akuntansi / Pricila Kristiawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan smartphone, efikasi diri, dan dukungan sosial terhadap kinerja akademik mahasiswa akuntansi / Pricila Kristiawati

Kristiawati, Pricila (2021) Pengaruh penggunaan smartphone, efikasi diri, dan dukungan sosial terhadap kinerja akademik mahasiswa akuntansi / Pricila Kristiawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan tinggi memiliki tujuan untuk menilai kemampuan individu di bidang akademiknya. Secara faktual Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) mahasiswa menjadi bukti pencapaian akademik. Oleh karena itu IPK masih dijadikan tolok ukur untuk menilai kualitas mahasiswa. Ada banyak faktor yang mempengaruhi perolehan kinerja akademik (IPK) mahasiswa. Penggunaan smartphone yang berlebihan dan keyakinan diri serta dukungan sosial yang kurang menjadi beberapa alasan rendahnya IPK. Oleh karena itu diharapkan mahasiswa mampu mengetahui dan memilah penggunaan smartphone sesuai manfaatnya memiliki keyakinan diri yang sesuai dan mampu menerapkannya dengan maksimal dalam proses perkuliahan serta dukungan sosial yang cukup untuk mencapai kinerja akademik yang diharapkan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksplanatori dengan teknik regresi. Sumber data yang digunakan adalah data primer yang diambil dari sampel yaitu hasil kuesioner dari mahasiswa jurusan akuntansi. Data akan dianalisa menggunakan uji regresi linear berganda uji t dan uji koefisien determinasi tetapi sebelum melakukan uji penelitian dilakukan uji asumsi klasik terlebih dahulu untuk mengetahui terpenuhinya syarat dalam pengujian. Landasan teori yang digunakan adalah teori kognitif sosial (social cognitive theory) oleh Bandura (1999) Berdasarkan analisa data yang dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa penggunaan smartphone dan dukungan sosial memiliki pengaruh yang positif signifikan terhadap kinerja akademik sedangkan efikasi diri memberikan pengaruh yang negatif signifikan terhadap kinerja akademik. Kemudian untuk besarnya angka koefisien determinasi (R2) adalah 0 133 yang berarti ketiga variabel independen secara bersama-sama memberikan pengaruh terhadap variabel dependen sebesar 13 3% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak ada di dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/198179

Actions (login required)

View Item View Item