Analisis gerakan literasi sekolah dalam pembentukan karakter gemar membaca pada siswa kelas 11 akuntansi di smk pgri turen / Fitrya Dewi Permatasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis gerakan literasi sekolah dalam pembentukan karakter gemar membaca pada siswa kelas 11 akuntansi di smk pgri turen / Fitrya Dewi Permatasari

Permatasari, Fitrya Dewi Permatasari (2021) Analisis gerakan literasi sekolah dalam pembentukan karakter gemar membaca pada siswa kelas 11 akuntansi di smk pgri turen / Fitrya Dewi Permatasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Gerakan sosial dengan dukungan kolaboratif berbagai elemen merupakan pengertian dari Gerakan literasi sekolah. Upaya yang dilakukan pemerintah dan pihak terkait adalah pembiasaan membaca peserta didik. Penerapan GLS dilakukan untuk meningkatkan kemampuan literasi menumbuhkan minat baca serta dalam proses pembelajaran dapat memanfaatkan berbagai literasi. Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan persepsi guru terkait geraan literasi sekolah bagaimana penerapan Gerakan Literasi sekolah peran guru dalam GLS kendala dalam menerapkan gerakan literasi serta dampak dalam penerapan GLS. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah kualitatif yang melibatkan beberapa narasumber sebagai informan. Kehadiran peneliti di lapangan sebagai human instrument yaitu mengumpulkan data melalui wawancara observasi dan dokumentasi. Data temuan penelitian direduksi dan disajikan untuk ditarik kesimpulan terhadap hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru memiliki persepsi bahwa literasi tidak hanya sebatas literasi membaca saja. Upaya yang dilakukan pihak sekolah untuk penyukseskan GLS yakni dengan melakukan sosialisasi pemenuhan sarana dan prasarana penunjang literasi kegiatan bernuansa literasi evaluasi yang dilakukan tiap bulan oleh TLS. Guru berperan sebagai pemimpin motivator dan fasilitator dalam GLS. Kendala dalam pelaksanaan GLS ada beberapa faktor yaitu kesiapan guru dalam pelaksanaan GLS minat baca siswa yang masih rendah kurangnya pmenafaatan fasilitas sekolah sebelum adanya literasi kurangnya motivasi dan dukungan orangtua media bacaan non pelajaran yang masih kurang mencukupi belum adanya sudut baca kelas serta kurangnya pemahaman semua pihak akan pentingnya GLS menjadi kendala dalam pelaksanaan GLS di sekolah tersebut. Dampak yang dirasakan setelah dilaksanakan GLS yaitu pemanfaatan fasilitas sekolah lebih baik perpustakaan lebih diminati oleh warga sekolah kesadaran akan pentingnya membaca meningkat adanya interaksi tanya jawab dan diskusi aktif antar peserta didik mamupun guru serta peserta didik mampu menyampaikan hasil dari apa yang dibaca baik secara tulisan maupun lisan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 09 Feb 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/198176

Actions (login required)

View Item View Item