Pengembangan e-modul flip pdf professional berbasis mobile learning untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik (studi pada peserta didik kelas x otkp di smk pgri turen malang) / TALITHA YOANNIKE - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-modul flip pdf professional berbasis mobile learning untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik (studi pada peserta didik kelas x otkp di smk pgri turen malang) / TALITHA YOANNIKE

Yoannike, Talitha Yoannike (2021) Pengembangan e-modul flip pdf professional berbasis mobile learning untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik (studi pada peserta didik kelas x otkp di smk pgri turen malang) / TALITHA YOANNIKE. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Materi matematika perlu mendapatkan perhatian dikarenakan masih ditemukan kesulitan siswa dalam memahami konsep dan berbagai masalah yang berkaitan dengan materi operasi bentuk aljabar. Kesulitan siswa dalam belajar matematika dipengaruhi oleh kompleksitas materi persepsi siswa terhadap matematika dan cara guru mengajar. Pendekatan pembelajaran berbasis pemecahan masalah dapat mendorong mengembangkan kemampuan berpikir (bernalar) siswa di antaranya dengan memberikan soal-soal penerapan sesuai dengan kehidupan sehari-hari dan mengubahnya ke dalam bentuk matematika. Oleh karena itu tahapan pemecahan masalah menurut langkah Polya menyediakan kerangka kerja yang tersusun rapi untuk menyelesaikan masalah dan dapat meningkatkan kemampuan bernalar siswa. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan bentuk kesalahan yang dilakukan siswa dalam mengerjakan permasalahan matematika pada materi operasi bentuk aljabar berdasarkan tahapan penyelesaian Polya serta mengetahui faktor penyebabnya. Penentuan subjek pada penelitian ini dilakukan dengan cara purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan memfokuskan penelitian kepada subjek yang terpilih. Kemudian hasil pekerjaan subjek dianalisis bentuk kesalahannya berdasarkan indikator tahapan Polya. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa baik siswa kelas akselerasi maupun siswa kelas reguler masih ditemukan beberapa bentuk kesalahan ketika menyelesaikan masalah matematika. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa kelas akselerasi lebih baik dari siswa kelas reguler. Sebagian besar siswa kelas akselerasi maupun siswa kelas reguler berhasil dalam memahami dan menyusun rencana pemecahan masalah menurut Polya dengan benar. Pada tahap melakukan rencana dan menuliskan jawaban akhir baik siswa kelas akselerasi maupun siswa kelas reguler banyak melakukan kesalahan. Kesalahan yang dilakukan oleh siswa yaitu ketika menjalankan operasi hitung bentuk aljabar. Dari hasil penelitian juga menunjukkan bahwa mereka masih kebingungan bagaimana cara menyelesaikan dan tidak memahami materi operasi bentuk aljabar serta kurang teliti ketika menjalankan operasi hitung. Hal tersebut akan berpengaruh pula pada ketidakmampuan siswa dalam melaksanakan kegiatan pemecahan masalah. Kata

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Dec 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/198163

Actions (login required)

View Item View Item