Pengembangan media pembelajaran berbasis android ispring suite 8 pada mata pelajaran kearsipan untuk meningkatkan kemandirian dan hasil belajar peserta didik (studi pada kelas x OTKP SMK Negeri 2 Kediri) / Tutut Wahyuning Tiyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbasis android ispring suite 8 pada mata pelajaran kearsipan untuk meningkatkan kemandirian dan hasil belajar peserta didik (studi pada kelas x OTKP SMK Negeri 2 Kediri) / Tutut Wahyuning Tiyas

Tiyas, Tutut Wahyuning (2021) Pengembangan media pembelajaran berbasis android ispring suite 8 pada mata pelajaran kearsipan untuk meningkatkan kemandirian dan hasil belajar peserta didik (studi pada kelas x OTKP SMK Negeri 2 Kediri) / Tutut Wahyuning Tiyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Tiyas Tutut. Wahyuning. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Ispring Suite 8 pada Mata Pelajaran Kearsipan untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemandirian Belajar Peserta Didik (Studi pada Peserta Didik Kelas X OTKP SMKN 2 Kediri). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Madziatul Churiyah S.Pd. M.M. Kata Kunci Penelitian dan Pengembangan Media pembelajaran Android Ispring Suite 8 Hasil Belajar Kemandirian. Berdasarkan kondisi dan fenomena sejak akhir tahun 2019 pendidikan di Indonesia sedang mengalami perubahan besar dimana wabah virus Coronavirus Disease (Covid-19) telah terjadi masalah kesehatan dan berpengaruh terhadap kebijakan pendidikan. Kebijakan tersebut menyatakan bahwa proses belajar mengajar dilaksanakan dirumah. Seluruh aspek dituntut untuk bisa beradaptasi dengan keadaan tersebut dimana pendidik dan peserta didik tidak bertemu secara langsung akan tetapi terkoneksi melalui media yang terintegrasi dengan internet. Berkaitan dengan hal tersebut maka diperlukan adanya inovasi media pembelajaran dalam pemanfaatan teknologi untuk menunjang proses pembelajaran yang lebih baik khususnya pada masa pandemi Covid -19. Sejalan dengan penelitian dan pengembangan Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk (1) Mengembangkan media pembelajaran berbasis Android Ispring Suite 8 untuk meningkatkan hasil belajar dan kemandirian peserta didik (2) Mengetahui kelayakan produk media pembelajaran berbasis Android Ispring Suite 8 melalui validasi ahli materi dan ahli media (3) Mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan dengan peserta didik yang tidak mengunakan media pembelajaran berbasis Android Ispring Suite 8 (4) Mengetahui perbedaan kemandirian peserta didik yang menggunakan dan tidak menggunakan media pembelajaran berbasis Android Isping Suite 8. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan (R amp D) Borg and Gall yang telah dimodifikasi menjadi 7 langkah yaitu (1) Studi Pendahuluan (2) perencanaan (3) pengembangan draf produk (4) uji coba terbatas (5) Revisi Produk (6) Uji Coba Lapangan (7) Produk Final. Uji coba produk yang dilakukan yaitu (1) Desain Uji Coba berupa hasil penilaian validator dan uji coba penilaian penggunaan oleh kelompok kecil (2) Subjek uji coba penelitian ini yaitu peserta didik SMKN 2 Kediri kelas X OTKP 1 dan OTKP 2 (3) Jenis data yang didapatkan berupa jenis data kuantitatif dan kualitatif (4) Instrumen pengumpulan data berupa hasil wawancara kuisioner dan lembar tes. Teknik analisis data yang digunakan untuk melihat perbedaan hasil belajar menggunakan analisis independent sample t-test dan untuk melihat perbedaan kemandirian menggunakan analisis presentase. Hasil produk penelitian dan pengembangan ini adalah media pembelajaran bernama LEMAILING (Learn Mail Handling) yang dibuat menggunakan software Ispring Suite 8 dan mengemas materi KD 3.4 menerapkan penanganan surat masuk sampai dengan KD 4.5 melakukan penanganan surat keluar. Keunikan dari produk ini yaitu user friendly dimana media pembelajaran dapat gunakan dengan mudah pada smartphone android serta mendukung otomatisasi sesuai kebutuhan pendidik dengan begitu pengoperasiannya dapat digunakan untuk menunjang pembelajaran. Hasil validasi menunjukan bahwa aplikasi ldquo sangat valid rdquo atau layak digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran Hal ini dibuktikan dari hasil penilaian validasi ahli media diperoleh sebesar 92% kemudian pada validasi ahli materi sebesar 95% dan untuk uji coba penggunaan kelompok kecil diperoleh nilai 98% sehingga aplikasi LEMAILING dapat dikatakan sangat layak untuk digunakan. Hasil analisis hasil belajar melalui uji Independent paired sample t-test berbantuan aplikasi SPSS menunjukan perolehan sig 0 000 lt 0 005 Maka HO ditolak yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas yang menggunakan dan tidak menggunakan media pembelajaran LEMAILING. Sedangkan hasil kemandirian belajar menunjukan bahwa hasil presentase kelas eksperimen lebih besar dibandingkan dengan kelas kontrol sehingga dapat disimpulkan bahwa kemandirian belajar peserta didik terdapat perbedaan antara kelas yang menggunakan dan tidak menggunakan LEMILING. Saran yang dapat diberikan untuk pengembangan produk selanjutnya diharapkan dapat diperluas materi dengan menambah beberapa video pembelajaran serta kuis serta dalam segi desain dibuat lebih menarik dengan kecepatan loading aplikasi yang lebih baik serta ukuran file yang lebih kecil.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/198158

Actions (login required)

View Item View Item