Gerdarisna, Anindyra (2021) Pengembangan media pembelajaran mind mapping berbasis power point untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa materi komunikasi di tempat kerja / Anindyra Gerdarisna. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Gerdarisna Anindyra. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Mind Mapping berbasis Power Point untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Materi Komunikasi Di Tempat Kerja. Skripsi Jurusan Manajemen Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Lulu Nurul Istanti S.E. M.M. Ak. Kata Kunci Media pembelajaran mind mapping power point Pendidikan merupakan salah satu aset penting dalam pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM). Proses pembelajaran membutuhkan media pembelajaran untuk membantu kegiatan belajar-mengajar. Salah satu contoh media pembelajaran yang memanfaatkan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi adalah media pembelajaran mind mapping berbasis power point. Penelitian ini bertujuan untuk mendesain dan mengembangkan media pembelajaran mind mapping berbasis power point untuk menghasilkan media pembelajaran pada materi komunikasi di tempat kerja dan melakukan validasi ahli kepada validator media pembelajaran mind mapping berbasis power point agar media valid dan layak digunakan. Penelitian dan pengembangan dilakukan dengan menggunakan model pengembangan Research and Development yang diadaptasi dari skala Likert. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang memiliki langkah-langkah Analysis Design Develop Implement dan Evaluate. Instrumen pengumpulan data diperoleh dari pedoman wawancara dan lembar validasi media dan materi. Subjek pada penelitian ini yaitu validator ahli media dari dosen jurusan Manajemen Universitas Negeri Malang validator ahli materi dari guru mata pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran SMK PGRI 6 Malang. Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan media pembelajaran mind mapping berbasis power point untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa materi komunikasi di tempat kerja. Hasil penelitian yang didapatkan dari pengembangan media ini adalah sangat layak dibuktikan dengan tahapan uji validasi materi persentase yang diperoleh sebesar 85% dan tahapan uji validasi media persentase yang diperoleh sebesar 89 25%. Dari hasil penelitian tersebut maka dapat ditarik kesimpulan bahwa media pembelajaran mind mapping berbasis power point layak digunakan untuk materi komunikasi di tempat kerja pada siswa SMK Kelas X. Saran dari peneliti yaitu (1) saran produk media pembelajaran ini bisa digunakan untuk sumber rujukan sekunder saat kegiatan pembelajaran administrasi perkantoran (2) saran penggunaan media ini harus sesuai dengan petunjuk penggunaan di awal karena peneliti menggunakan sistem lock-slide.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Jan 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/198156 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |