Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline pada mata pelajaran humas dan keprotokolan untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada kelas xi OTKP SMK Terpadu Al Ishlahiyah Singosari) / Vika Faradina Choirul Umah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline pada mata pelajaran humas dan keprotokolan untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada kelas xi OTKP SMK Terpadu Al Ishlahiyah Singosari) / Vika Faradina Choirul Umah

Umah, Vika Faradina Choirul (2021) Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline pada mata pelajaran humas dan keprotokolan untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada kelas xi OTKP SMK Terpadu Al Ishlahiyah Singosari) / Vika Faradina Choirul Umah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Permasalahan baru muncul dalam sektor pendidikan selama pandemi yang berdampak pada penutupan sementara oleh lembaga pendidikan. Adanya ketimpangan belajar dalam proses pembelajaran dari tingkat prasekolah hingga tingkat perguruan tinggi baik swasta maupun negeri harus segera ditangani secara serius. Penggunaan teknologi untuk menunjang pembelajaran menjadi hal yang perlu diperhatikan untuk menunjang pembelajaran jarak jauh sehingga menuntut guru agar dapat menyesuaikan diri dengan menguasai IT dapat diterapkan dalam perencanaan maupun proses pembelajaran berlangsung. Siswa SMK Terpadu Al Ishlahiyah mengeluhkan pembalajaran daring sangat membosankan terlihat dari banyaknya siswa yang tidak hadir saat pembelajaran daring berlangsung .Articulate storyline merupakan perangkat lunak yang digunakan sebagai media untuk presentasi dan menyampaikan informasi dengan tampilan yang menarik serta pemaksimalan peran tekhnologi di sekolah dapat diterapkan. Tujuan penelitian ini mengembangkan media pembelajaran interaktif Articulate Storyline agar memudahkan siswa dalam memahami materi pembelajaran yang disampaikan secara menarik oleh guru. Media pembelajaran ini dapat digunakan sebagai sumber belajar bagi siswa baik di dalam kelas maupun secara mandiri. Jenis penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan Borg amp Gall yang telah dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan penelitian meliputi (1) penelitian dan pengumpulan informasi (2) pengembangan produk (3) uji coba validator (4) revisi produk tahap 1 (5) uji coba produk ( kelompok kecil) (6) revisi produk tahap 1 (7) uji coba (kelompok besar) (8) produk akhir. Teknik Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitataif dan teknik analisis data kuantitatif. Produk yang dihasilkan divalidasi oleh dua ahli yakni ahli materi dan ahli media. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari ahli media ahli materi dan 6 siswa sebagai validator pengguna serta subjek uji coba kelompok besar yang terdiri dari 15 siswa kelas OTKP 1 dan 15 siswa kelas OTKP 2. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif dari perhitungan skor pada angket validasi dan posttest hasil belajar siswa dalam ranah penilaian kognitif siswa selain itu terdapat data kualitatif dari wawancara observasi kritik dan saran. Produk yang dikembangkan berupa media pembelajaran articulate storyline humas dan keprotokolan yang dapat membantu memudahkan penyampaian materi dengan tambahan fitur kompetensi kuis video pembelajaran glosarium yang dapat diakses secara online melalui website yang telah disediakan serta dilengkapi buku panduan penggunaannya. Media ini telah divalidasi oleh ahli materi dan ahli media yang menunjukkan bahwa media ini dapat digunakan untuk menunjang proses pembelajaran. Hal ini berdasarkan angket validasi ahli materi diperoleh nilai sebesar 83 % kemudian pada angket validasi ahli media diperoleh nilai sebesar 97 % sedangkan untuk uji coba kelompok kecil diperoleh nilai 84 16 % sehingga media pembelajaran articulate storyline humas dan keprotokolan sangat layak untuk digunakan. Ditinjau dari perbedaan hasil belajar (kognitif) siswa diperoleh nilai hasil rata-rata kelas kontrol adalah 76 25 sedangkan kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata 85 66. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penggunaan media pembelajaran berbasis Articulate Storyline Humas dan Keprotokolan dinyatakan dapat membantu dan mendukung guru dalam menyampaikan materi sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Saran yang dapat diberikan untuk pemanfaatan produk ini baik dalam kelas maupun secara mandiri. hendaknya tidak lepas dari bimbingan guru agar proses pembelajaran berjalan dengan lancar. Selain itu media pembelajaran ini diharapkan kedepannya dapat digunakan sebagai rujukan pengembangan media pembelajaran humas dan keprotokolan. Untuk pengembangan selanjutnya pengembang dapat membuat desain yang lebih menarik dan dilengkapi fitur- fitur yang sesuai dengan kebutuhan untuk media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/198155

Actions (login required)

View Item View Item