Pengaruh minat belajar dan efikasi diri terhadap hasil belajar siswa (study pada mata pelajaran kearsipan kelas X SMK PGRI Turen) / Dian Yerri Pratama - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh minat belajar dan efikasi diri terhadap hasil belajar siswa (study pada mata pelajaran kearsipan kelas X SMK PGRI Turen) / Dian Yerri Pratama

Pratama, Dian Yerri (2020) Pengaruh minat belajar dan efikasi diri terhadap hasil belajar siswa (study pada mata pelajaran kearsipan kelas X SMK PGRI Turen) / Dian Yerri Pratama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Minat adalah kecenderungan yang tetap untuk memperhatikan dan mengenang beberapa kegiatan yang disertai dengan rasa senang. Indikator untuk mengukur minat belajar antara lain a)perasaan senang b)keterlibatan siswa c)ketertarikan d)perhatian siswa. Efikasi diri (self eficacy) merupakan salah satu model pembelajaran yang dikembangkan oleh Albert Bandura dari teori kognitif sosial. Bandura (1997) mendefinisikan efikasi diri sebagai keyakinan seseorang terhadap kemampuannya untuk mengorganisasikan tindakan untuk mencapai tujuan yang dikehendaki. Indikator untuk mengukur efiksi diri antara lain a)Level b)Strenght c)Generality. Jenis penelitian yang dilakukan adalah explanatory research (penelitian penjelasan). Menurut Singarimbun dan Effendi (2009) explanatory research adalah suatu penelitian dimana peneliti menjelaskan hubungan kausal sebab akibat antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesa. Lokasi penelitian adalah tempat dimana penelitian dilakukan dan penelitian ini dilakukan di SMK PGRI Turen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Minat Belajar (X1) memiliki nilai signifikansi (Sig.) 0.073 pada tabel Coefficientsa dengan nilai alpha (derajat signifkansi) 0.05 artinya 0.073 gt 0.05 atau tidak terdapat pengaruh yang signifikan dan uji t menunjukkan 1.916 gt t tabel (1.72913). Artinya Minat Belajar tidak berpengaruh signifikan terhadap Hasil Belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Efikasi Diri (X2) memiliki nilai signifikansi (Sig.) 0.015 pada tabel Coefficientsa dengan nilai alpha (derajat signifkansi) 0.05 artinya 0.015t tabel (1.72913). Artinya Efikasi Diri berpengaruh signifikan terhadap Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Feb 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/198148

Actions (login required)

View Item View Item